Calo CPNS Bisa Keruk Triliunan

Rabu, 25 September 2013 – 23:58 WIB

jpnn.com - JAKARTA--Pengadaan CPNS menjadi bisnis triliunan bagi para calo. Ironisnya, para calo tersebut jarang yang dipidanakan karena sulitnya melacak keberadaan mereka.

"Setiap pengadaan CPNS, para calo pasti mulai berkeliaran. Karena ini merupakan bisnis triliunan bagi calo-calo CPNS, permainannya sudah terstruktur dan sistematis sehingga saya tidak kuat menghadapinya sendirian," ungkap Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar di kantornya, Rabu (25/9).

BACA JUGA: Menpan-RB Makin Rajin Kampanye

Untuk menghadapi calo ini, lanjutnya, seluruh instansi terkait digandeng dengan tujuan menghadang aksi para mafia tersebut. Sebut saja Polri dan BIN untuk pengawasan terbuka maupun tertutup. Ditambah BPKP, BKN, ICW, Ombudsman, dan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).

"Kerja KemenPAN-RB ini memang merepotkan, tapi ini merupakan tugas kebangsaan. Dengan mengubah sistem rekrutmen PNS, akan didapat putra-putri terbaik bangsa yang punya kompetensi dan berintegritas tinggi," tegasnya.

BACA JUGA: Hanya 70 Instansi Gunakan CAT untuk Tes CPNS

Dia menambahkan, perubahan sistem rekrutmen CPNS merupakan salah satu sasaran reformasi birokrasi di sektor SDM aparatur. Karena itu bagi PNS yang coba-coba berkerja sama dengan para calo atau bahkan menjadi calo, hukumannya dipecat dan dipidanakan. (esy/jpnn)

 

BACA JUGA: Sudah 6 Instansi Merampingkan Diri

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Kerahkan 4.924 Personil


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler