David Richard, warga Canberra yang pernah memecahkan rekor dunia dengan memasang lampu hiasan natal terbanyak, akan kembali mencoba rekor baru. Jika sebelumnya ia memasang lampu hias Natal di rumahnya, kini ia akan memasangnya di pusat kota Canberra.

Di tahun 2013, Richard memasang lebih dari setengah juta lampu Natal di rumahnya. Hasilnya ribuan pengunjung mengunjungi rumahnya untuk menikmati keindahan lampu-lampu.

BACA JUGA: Lulusan Universitas Top Australia Dapat Gaji 6 Persen Lebih Tinggi

Tahun ini, tak tanggung-tanggung, ia akan memasang lebih dari sejuta lampu LED pada kawat-kawat yang total beratnya mencapai 22 ton.

Lokasinya pun bukan lagi di rumahnya, tetapi di pusat kota Canberra membantang ke BatemanBay, kira-kira 147 kilometer.

BACA JUGA: Sesumbar akan Menyikut Presiden Putin, PM Tony Abbott Dikecam

"Saya tak bisa melakukannya lagi hanya untuk keluarga dan tetangga, kali ini harus di tempat lain," ujar Richards.

Untuk mewujudkan ini pun, ia akan tidak akan bekerja sendirian.

BACA JUGA: Pria Ini Kampanye Pilihlah Si Hitam dalam Pemilu Lokal di Adelaide

"Saat ini rencananya sudah cukup baik. Tak akan ada staff yang dibayar, tapi didukung oleh komunitas di Canberra, termasuk para pelaku bisnis," tambahnya.

Para warga yang membantu akan jadi sukarelawan untuk urusan listrik dan bersih-bersih. Dan kerja ini pun merupakan sumbangan bagi yayasan SIDS and Kids ACT.

Yayasan SIDS and Kids ini banyak membantu keluarga-keluarga yang kehilangan anak-anak, dan juga membantu mencegah sindrom kematian tiba-tiba pada bayi.

Tahun lalu ia berhasil menggumpulkan dana hingga 780 juta rupiah dari warga yang datang ke rumahnya untuk melihat lampu hias Natal terbanyak. Total warga yang datang lebih dari 75 ribu orang.

Untuk tahun ini, ia berharap jumlahnya akan lebih banyak lagi, mengingat instalasi lampu hias Natalnya akan dipajang di ruang publik.

"Akan ada lebih dari satu juta LED, artinya dua kali lipat dari tahun lalu," kata Richard. "Infrastruktur listrik, elektronik, dan musik akan lebih besar, jadi saya sudah tidak sabar lagi."

Lampu hias Natal ini juga akan dipasang di dua terowongan jalan yang membentang antara Bailey Arcade hingga Pelabuhan Canberra dan terowongan di Pusat Canberra yang berakhir di kawasan Fish Shack.

Jika semua rencananya berjalan lancar, maka hiasan lampu Natal ini akan mulai dipajang tanggal 28 November mendatang hingga 1 Januari tahun 2015.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hujan Guyur Kota Darwin Pertama Kali dalam Enam Bulan

Berita Terkait