Capai Technology Leadership di Greenport Labuan Bajo, Pelindo III & Himbara Jalin Kerja sama

Senin, 30 November 2020 – 22:33 WIB
Wamen BUMN Kartiko Wirjoatmodjo bersama Dirut Pelindo III U. Saefudin Noer dan Ketua Bank Himbara Sunarso saat memberikan pengarahan acara penandatanganan Memorandum of Collaboration tentang Kerja Sama Penyediaan Layanan Jasa Perbankan dan Pengembangan Terminal Multipurpose Labuan Bajo, Senin (30/11). Foto dok BUMN

jpnn.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III bersama Bank BNI, Bank BRI dan Bank Mandiri melaksanakan penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoU) tentang Kerja Sama Penyediaan Layanan Jasa Perbankan dan Pengembangan Terminal Multipurpose Labuan Bajo di Jakarta, Senin (30/11).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Utama PT Pelindo III U Saefudin Noer, Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Dirut Bank BRI Sunarso dan Wakil Dirut Bank BNI Susi Adi Sulistyowati.

BACA JUGA: Selamat, Pelindo III Raih Anugerah Tertinggi KIP

Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo menyatakan Terminal Multipurpose akan menjadi salah satu poin penting dalam mendukung Labuan Bajo sebagai salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) bersama dengan Mandalika, Danau Toba, Likupang, dan Borobudur.

Pengembangan Kawasan Labuan Bajo juga dipersiapkan sebagai tuan rumah G20 dan ASEAN Summit.

BACA JUGA: Petualangan Cinta Gladiator Akan Berakhir, Vicky Prasetyo: Pengin Hidup Berakhir Tanpa Beban

“Penggunaan integrated e-gate sytem pada Terminal Multipurposes Labuan Bajo akan membantu meminimalisir uang tunai dengan menggunakan cash transaction management. Dengan begitu diharapkan tidak ada pungli dan memperbaiki SLA pelayanan di ekosistem Terminal Multipurpose Labuan Bajo,” kata Kartiko.

Terminal Multipurpose Labuan Bajo sambung Kartiko akan memberikan dampak ekonomi dan sosial  serta membuka lapangan kerja baru kepada masyarakat sekitar.

BACA JUGA: Ini Satu-satunya Jalan untuk Melindungi Pekerja dan Petani Tembakau

“Teminal Multipurpose ini merupakan wujud kolaborasi yang baik antara BUMN bersama dengan Kemenhub, Pemprov NTT, Pemkab Manggarai Barat, dan beberbagai pihak lainnya,” ungkap Kartiko.

Sementara menurut Direktur Utama PT Pelindo III U. Saefudin Noer Dengan adanya Memorandom of Collaboration ini dapat mengoptimalkan  fasilitas pelayanan dengan diimplementasikannya e-port pada Terminal Multipurpose Labuan Bajo. MoC ini juga sebagai bagian dari akselerasi menuju upaya membangun Greenport Labuan Baju.

Hal ini selaras dengan lima prioritas utama Kementerian BUMN, di mana salah satunya yaitu technology leadhership atau kepemimpinan teknologi juga inovasi bisnis.

“Pelindo III menilai positif kolaborasi bersama dengan Bank Himbara yaitu Bank Negara Indonesia,  PT Bank Mandiri dan PT Bank Rakyat Indonesia,” ungkap Saefudin.

Kolaborasi ini untuk akselerasi pembangunan Terminal Greenport Labuan Bajo yang berbasis kolaborasi technology leadership dan kelestarian lingkungan serta adapatasi terhadap perkembangan teknologi, namun didasari kearifan lokal.

Masih menurut Saefudin kolaborasi ini merupakan implementasi  pelaksanaan Core Value BUMN  AKHLAK yaitu, Amanah, Kompeten, Harmonisasi, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Kerja sama ini diharapkan bisa melakukan pengembangan integrated e-gate sytem pada Terminal Multipurpose Labuan Bajo sehingga dapat meningkatkan layanan kepada para pengguna jasa dalam melakukan transaksi di pelabuhan dengan praktis, nyaman, dan aman.

“Mari mulai kerja sama ini dengan niat yang baik dan saling menguntungkan dengan didasarkan pada prinsip-pinsip tata kelola perusahaan yang baik atau yang kita kenal dengan Good Corparate Governance serta tunduk pada semua ketentuan hukum yang berlaku,” seru Saefudin Noer.

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sunarso mengatakan, kolaborasi dengan Bank Himbara dalam hal integrated e-gate system agar semua transaksi dapat dilakukan secara cash less yang akan mengefiensikan, lebih cepat dan lebih transparan.

“Apa  yang ditandatangani ini adalah Memorandom of Colaboration (MoC) antara Pelindo III dengan Bank Himbara dalam hal Pelindo III di Labuhan Bajo nanti ada pintu masuk kepelabuhan, itu yang akan kita buat secara elektronik  yang kita sebut integrated E-Gate Sytem,” jelas Sunarso.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Ketua Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) ini dia melihat langkah ini potensinya juga tidak hanya di Pelindo III, namun juga hampir di setiap pelabuhan penyebarangan, terminal, dan stasiun kereta api akan menjadi lebih penting.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler