Capello Izinkan WAGs ke Afsel

Jumat, 30 April 2010 – 08:17 WIB
IKUT - Parade sejumlah WAGs timnas Inggris, yang senantiasa jadi incaran kamera foto, di jalanan Inggris. Foto: Theage.com.au.

LONDON - Pelatih timnas Inggris, Fabio Capello, membuat keputusan mengejutkan satu setengah bulan jelang Piala Dunia (PD) 2010 di Afrika SelatanDia menegaskan, bahwa istri dan pasangan para punggawanya boleh ikut ke Afsel

BACA JUGA: Cassano Pilih Nikah Ketimbang Timnas

Itu artinya, wajah-wajah menawan khas Britania seperti Toni Poole (istri John Terry), Alex Curran (istri Steven Gerrard) dan Carly Zucker (istri Joe Cole) bakal turut menghiasi venue PD Afsel.

Keputusan ini jelas sangat mengejutkan
Mengingat, pelatih asal Italia berusia 65 tahun itu terkenal sangat anti terhadap kelompok wanita yang lazim disebut WAGs (wives and girlfriends) tersebut

BACA JUGA: Rooney, Pesepakbola Terbaik Inggris

Menurutnya, kehadiran para wanita akan mengganggu konsentrasi anak buahnya
Karena itu, sejak pertama kali menangani timnas, kebijakan pertamanya adalah melarang WAG nderek ke Afsel, jika Inggris lolos ke putaran final PD.

Lalu, apa yang mengubah pandangan Capello? Ternyata, itu adalah hasil diskusi dengan rekannya, Marcello Lippi

BACA JUGA: Essien Terancam Absen Bela Ghana

Lippi yang kini menangani timnas Italia itu bilang, keberadaan istri dan pasangan pemain justru membuat kondisi internal tim semakin harmonis.

"Saya menyadari bahwa spirit kelompok sangat penting buat tim," terang Capello, seperti dikutip Independent"Dengan Lippi, kami membicarakan soal timnas Italia di PD 2006 Jerman laluKala itu, pemain mendapat hari libur dan mereka bisa menghabiskan waktu bersama keluarga atau pacar," lanjutnya.

Wajar kalau Capello menuruti perkataan LippiSebab, resep membawa kekasih atau keluarga terbukti cesplengKehadiran WAGs Italia yang dikoordinasi Ilary Blasi Totti, telah membuat performa Francesco Totti dkk terjaga dan selalu bersemangatMereka pun pulang membawa trofi.

"Tiap habis pertandingan, para wanita itu membuat pesta barbequeKebersamaan itu yang membangun semangat tim," jelas Capello"Itu adalah hal-hal kecil yang bisa membuat perbedaan besar dalam pertandingan pentingManajer harus mengerti apa yang terbaik buat pemainnya," imbuh suksesor Steve McClaren itu.

Sebelumnya, kebijakan Capello untuk melarang WAGs ikut mendukung suami atau kekasihnya di Afsel menuai kecamanBukan dari kalangan WAGs saja, tapi juga pelatih Inggris sebelumnya, Sven Goran ErikssonKata Eriksson, WAGs sama sekali tidak mempengaruhi performa pemain, apalagi hasil pertandingan.

Namun, sejumlah pemain sudah menyatakan mutungGerrard, misalnya, mengaku tidak akan membawa Alex menyaksikan dia berlaga di Afsel"Istri saya tidak berada di sana, kecuali kami melaju sampai semifinal atau final," tuturnya beberapa waktu lalu.

Tapi, Capello tetap CapelloInstruksinya tak bisa dibantahKalau larangan WAGs tak bisa ditawar, kali ini perintah mengajak orang-orang terkasih mendukung timnas di Afsel pun wajib diturutiWAGs harus ikut, karena mereka merupakan salah satu syarat sukses Inggris di PD perdana di Benua Afrika(na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hotel Timnas Jerman Bermasalah


Redaktur : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler