Essien Terancam Absen Bela Ghana

Pasrah Jadi Penonton, Pengobatan Alternatif Dilarang

Senin, 26 April 2010 – 09:42 WIB
Michael Essien saat menderita cedera dalam pertandingan Chelsea, Desember 2009 lalu. Foto: John Sibley/Action Images.
LONDON - Suasana ceria terlihat di awal sesi latihan Chelsea di Cobham, Sabtu (24/4) laluPemain seperti Nicolas Anelka, yang dikenal dengan sapaan Le Sulk alias wajah pemurung, bahkan ikut bercanda diiringi tawa lepas

BACA JUGA: Hotel Timnas Jerman Bermasalah

Namun, di salah satu sisi luar lapangan, seorang pemain tidak ikut berlatih
Dia berdiri dengan tatapan kosong.

Dia tak lain Michael Essien

BACA JUGA: Zamora, Calon Penyerang Baru Inggris

Kehadiran Essien ke Cobham bukan sekadar menonton latihan rekan-rekannya
Dia datang karena bakal memberikan keterangan dalam sesi konferensi pers

BACA JUGA: Alves Siap Bersaing dengan Maicon

Tentang apa? Apa lagi jika bukan seputar cedera lutut yang dialami pemain berusia 27 tahun tersebut.

Sebelumnya, Essien telah gagal memperkuat Ghana di Piala Afrika 2010Kini, ia terancam kembali gagal membela The Black Stars - sebutan Ghana - di Piala Dunia (PD) 2010 karena cedera lututnya tak kunjung sembuh.

Sudah lima bulan terakhir Essien out dari lapangan hijauGelandang bertenaga kuda itu dibekap cedera lutut saat mengikuti sesi latihan Ghana di Piala Afrika, Januari laluEssien semula diprediksi absen sekitar enam pekanTapi, proses penyembuhannya menjadi rumit dan kompleks, karena cedera lama di otot pahanya belum pulih benar.

Cedera otot paha itu dialami Essien saat membela Chelsea melawan Apoel Nicosia (Siprus) di fase grup Liga Champions, pada 8 Desember 2009 lalu"Progres cedera saya stagnanSaya harus jujur bahwa saya sulit membela Chelsea di sisa musim, termasuk final Piala FA (lawan Portsmouth di Wembley pada 15 Mei 2010, Red)," tutur Essien, sebagaimana dilansir Chelsea TV dan dikutip KickOffNigeria.com.

"Saya mencoba lari, tapi saya merasakan sakitDari hasil scan, ada memar di bagian dalamJadi, saya memutuskan untuk berhenti lari dan saya tidak akan beraktivitas berat sampai memar itu hilang," sambungnya.

Tim medis Chelsea belum berani memastikan kapan Essien akan kembali pulihSituasi itulah yang membuat Essien waswas bahwa dirinya tidak akan fit saat PD nantiApalagi even di Afrika Selatan itu tinggal 1,5 bulan lagiDi PD 2010 ini, Ghana berada di grup D bersama Jerman, Australia dan Serbia.

"Saya harus berkata jujur bahwa saya sebenarnya sedikit mengesampingkan Chelsea dengan memilih tidak akan memainkan laga di sisa musim, termasuk final Piala FA 15 Mei nanti," terang Essien.

Seandainya cederanya memang parah, Essien bahkan rela kehilangan kesempatan tampil di PD AfselBagi mantan punggawa Olympique Lyon itu, karirnya ke depan lebih penting daripada memaksakan diri di PD dengan kondisi tidak prima.

"Jika saya tidak bisa fit di Piala Dunia, saya sudah siap menjadi penontonSaya akan menjadi fans Ghana," terang pemilik 51 caps dan sembilan gol bersama The Black Stars itu.

Terkait pemulihan cederanya, Essien mengaku sempat ditawari pengobatan alternatif di negerinyaYa, di Afrika terkadang memang masih diterapkan pengobatan tradisional terhadap cedera dalam sepakbolaTapi, tim medis Chelsea tidak memberikan rekomendasiSaat penyembuhan dengan plasenta kuda di Belgrade mengemuka November tahun lalu, Chelsea juga tidak mengizinkan Frank Lampard menggunakan terapi itu.

"Michael (Essien) sudah menjalani program terapi di Cap Sport Rehabilitation Center (di Cap Breton, Prancis, Red) dan kami tidak mau berspekulasi dengan program terapi lainnyaApalagi di luar konteks medis," kata Brian English, dokter tim Chelsea(dns/ito/jpnn)

DATA DIRI
Nama Lengkap: Michael Essien
Julukan: The Bison
Kebangsaan: Ghana
Lahir: Akra, 3 Desember 1982
Posisi: Gelandang
Tinggi/berat: 178 cm/84 kg
Karir Klub:
1999-2000 Liberty Professionals (junior)
2000-2003 Bastia    
2003-2005 Lyon    
2005-kini   Chelsea
Karir Timnas:
2002-kini   Ghana  (51 caps/9 gol)
Prestasi:
-Ligue 1 2004, 2005
-Premier League 2006
-Community Shield 2009
-Piala FA 2007, 2009
-Piala Liga Inggris 2007
-Pemain terbaik Prancis 2005
-Tim terbaik Piala Afrika 2008
-Pemain terbaik Chelsea 2007

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ribery dan Skandal Seks di Prancis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler