Capello Pensiun Setelah Euro 2012

Minggu, 17 Oktober 2010 – 04:18 WIB
LONDON - Pesona Fabio Capello sebagai pelatih sukses dan bertangan dingin belum habisNamun, faktor usia membuat dia mulai berpikir memungkasi karirnya di sepak bola

BACA JUGA: Bekal Percaya Diri Tim Tamu

Capello menegaskan, dia akan pensiun usai mengantar Inggris berlaga di Euro 2012 di Ukraina dan Polandia.

Pernyataan ini sekaligus menghapus banyak spekulasi, bahwa dia akan kembali menangani klub Italia setelah kontraknya dengan timnas Inggris habis
Tapi, dua tahun lagi dia akan berusia 66 tahun, dan Capello menganggap usia itu sudah terlalu tua untuk bekerja berat.

"Sayangnya, saya sudah terlalu tua dan tidak punya banyak waktu

BACA JUGA: Bakal Lebih Sulit

Ini (menangani timnas Inggris, Red) akan menjadi pengalaman terakhir saya di bench," ungkap Capello kepada La Gazzetta dello Sport.

Capello punya sejarah yang sangat panjang di sepak bola
Pria kelahiran San Canzian d"Isonzo itu mengawali karir sebagai pemain di tim amatir SPAL

BACA JUGA: Waspada Faktor Kelelahan

Dengan bakat luar biasa, Capello yang bermain sebagai gelandang memikat klub-klub besarSelama musim 1967 hingga gantung sepatu pada 1980, dia mengukir prestasi di AS Roma, Juventus, dan AC Milan.

Kendati demikian, kolektor 32 caps bersama timnas Italia itu baru merintis karir sebagai allenatore sebelas tahun setelah pensiun dari pemainMeski minim pengalaman, Capello langsung mempersembahkan gelar scudetto buat AC Milan di musim debutnya, plus tiga gelar juara lagi di musim-musim selanjutnyaCatatan itu dilengkapi dengan gelar Liga Champions (1994) dan Supercopa Eropa (1994).

Capello kemudian dikenal sebagai pelatih spesialis tim eliteLepas dari Milan, dia menangani Real Madrid, AS Roma, dan JuventusDia juga sempat kembali ke Milan dan RealDia menyumbang gelar di setiap klub yang ditangani.

Hanya saja, kesaktian Capello mendapat ujian saat menangani Three Lions, sebutan InggrisSempat tampil hebat di kualifikasi dan uji coba, Wayne Rooney dkk melempem di Piala Dunia 2010 dan hanya mampu mencapai 16 BesarDia mencoba membayar utang prestasi dengan membawa Inggris terbang tinggi di Euro 2012.

"Saat ini, yang saya pikirkan hanya Euro 2012Dan setelah itu saya akan pensiun," tegasnya(na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lorenzo Tak Mau Berhenti


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler