Capim KPK Ali Imron Dapat Restu dari Tokoh Masyarakat Jateng

Selasa, 30 Juli 2024 – 10:41 WIB
Calon Pimpinan (Capim) KPK Moch Ali Imron (kiri). Foto: dokumentasi Ali Imron

jpnn.com, JAKARTA - Calon Pimpinan (Capim) KPK Moch Ali Imron memenuhi undangan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Jenderal (Purn) Wiranto dalam sarasehan tokoh-tokoh Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu, Ali Imron mendapat restu tokoh-tokoh Jawa Tengah untuk menjadi pimpinan KPK ke depan.

BACA JUGA: Ikut Seleksi Capim KPK, Dr. Ibrahim Qamarius Siap Berantas Korupsi 80 Persen

"Alhamdulillah, kemarin bisa memenuhi undangan PAK Wiranto dan direstui tokoh-tokoh Jawa Tengah untuk mengikuti seleksi Capim KPK ini. Bersama Perkumpulan Perantau Jakarta, kami tetap guyub gayeng sak lawase," ujar Ali Imron dalam keterangannya, Selasa (30/7).

Dosen STIE Kusuma Negara Jakarta Timur itu mengaku telah siap menghadapi tes tertulis capim KPK yang akan digelar di Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kemensetneg, Jakarta Selatan pada Rabu (31/7) besok.

BACA JUGA: 4 Anggota IM57 Daftar Capim KPK, Ini Daftar Namanya

Dia juga sudah menyiapkan secara khusus untuk menghadapi setiap tahapan seleksi Capim KPK ini.

Walau begitu, Imron akan memperbesar ruang pencegahan tindak pidana korupsi melalui sektor pendidikan.

BACA JUGA: Sudirman Said Resmi Daftar Capim KPK 2024-2029

"Untuk tes tulis nanti, ya kami hadapi saja. Tak perlu ada persiapan khusus. Namun yang pasti, untuk memberantas korupsi di negeri ini harus tanamkan pendidikan antikorupsi sejak dini di bangku sekolah," kata dia.

Doktor lulusan Universitas Islam Nusantara itu mengaku ingin mengembalikan pendidikan akhlak dan budi pekerti pada kurikulum di sekolah-sekolah.

Dia akan menggandeng Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) serta Kementerian Agama (Kemenag) agar bisa menanamkan pendidikan akhlak dan budi pekerti kepada setiap peserta didik.

"Anak-anak dari usia dini itu tidak usah diajarkan yang lain, berikan pendidikan akhlak dan budi pekerti saja dulu. Karena saya melihat, korupsi yang terjadi di mana-mana ini karena akhlak dan budi pekerti yang hilang," tegasnya.

Terpisah, Jenderal TNI (Purn) Wiranto menyampaikan selamat atas lolosnya Moch Ali Imron pada seleksi administrasi capim KPK.

Menurut dia, setiap tokoh Jawa Tengah harus bisa menjadi pemimpin di negeri ini pada segala sektor.

"Saya berharap yang pada hadir di pendopo Joglo ini semua bisa menjadi penggede untuk memimpin di daerah atau nasional," kata Wiranto saat memberikan sambutan dalam sarasehan bertajuk 'Kolaborasi Perantau Demi Membantu Sesama dan Memajukan Jawa Tengah'.

Tokoh-tokoh asal Jawa Tengah, kata dia, harus tetap menjaga kerukunan antarsuku bangsa.

Terlebih, saat ini akan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan berdampak akan adanya friksi dengan sesama anak bangsa.

"Jawa Tengah merupakan pusat budaya guyub rukun, maka mari kita jaga persatuan dan kesatuan,” tambahnya. (mcr4/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler