Career Day 2023 MGBK DKI Dihadiri Puluhan Ribu Pelajar

Jumat, 27 Januari 2023 – 10:28 WIB
Puluhan ribu pengunjung tumpah ruah menghadiri acara Career Day 2023 MGBK (Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling) DKI Jakarta yang digelar selama tiga hari 24-26 Januari 2023) di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Foto: Panitia Career Day 2023 MGBK

jpnn.com, JAKARTA - Puluhan ribu pengunjung tumpah ruah menghadiri acara Career Day 2023 MGBK (Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling) DKI Jakarta yang digelar selama tiga hari 24-26 Januari 2023) di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Setiap hari, tak kurang dari 15 ribu pengunjung yang didominasi pelajar SMA/SMK dan guru, datang ke Balai Samudera untuk melihat booth atau stan pameran pendidikan.

BACA JUGA: Kalbis Institute Meluncurkan Program Outstanding Career, Simak Penjelasan Raymond

Puluhan ribu pengunjung tumpah ruah menghadiri acara Career Day 2023 MGBK (Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling) DKI Jakarta digelar selama tiga hari 24-26 Januari 2023) di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Foto: Panitia Career Day 2023 MGBK

BACA JUGA: Shell Mengakuisisi Perusahaan Pengisian Daya Mobil Listrik

Ada 36 stan perguruan tinggi negeri terkemuka, perguruan tinggi swasta dan sejumlah perwakilan perguruan tinggi luar negeri.

Di samping itu, beragam kegiatan penunjang juga tak kalah menarik, baik lomba seni/tari maupun hiburan.

BACA JUGA: Polisi Kantongi Identitas Pembunuh Siswi SMP di Sukoharjo

Ketua MGBK DKI Dra Ester Asianita Damanik dalam pidato penutupannya pada Kamis petang (26/1/2023) mengatakan dirinya dan juga para guru yang tergabung dalam MGBK sangat senang dengan kehadiran pengunjung yang sangat tinggi.

Hal ini membuat semangat panitia, peserta, dan juga para pihak pendukung lainnya.

“Career Day 2023 MGBK ini luar biasa! Pameran kali ini sangat sukses berkat dukungan banyak pihak. Dinas Pendidikan DKI setiap harinya melalui sekolah, mengerahkan sekitar 14 ribu siswa Kelas XII,” kata Ester Asianita Damanik.

Di samping itu kata Ester Damanik, kehadiran mitra MGBK yakni Akademi Televisi Indonesia atau ATVI telah memberikan warna tersendiri pada suasana pameran sehingga career day  kali ini penuh dengan kegiatan broadcast dan dunia digital.

Oleh karena itu, lanjut Ester Damanik, kegiatan seperti  ini harus mendapat dukungan lebih banyak lagi dari masyarakat luas, pemerintah/dinas pendidikan, dan khususnya BUMN.

“MGBK DKI adalah wadah para guru BK se-DKI yang saling bekerja sama melayani dengan sepenuh hati dan menggagas acara ini,” ujar Ester sambil terus mengucap terima kasih pada semua pihak yang turut mensukseskan  Career Day MGBK ini.

Luar Biasa

Pendapat senada diungkapkan oleh salah satu Pimpinan ATVI DR. Melitina Tecoalu.

Saat diminta tanggapannya saat meninjau acara ini, Melitina mengatakan Career Day MGBK sangat luar biasa.

Sebab, antusiasme pengunjung –yang sebagian besar pelajar SMA/SMK dan para guru- sangat tinggi.

Hal ini membuktikan informasi pendidikan yang disuguhkan stand/peserta yang ikut yakni wakil perguruan tinggi negeri dan swasta, sangat dibutuhkan masyarakat, khususnya pelajar dan orang tua.

“Sebagai salah satu pimpinan ATVI yang baru, saya juga memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada dosen, mahasiswa, dan karyawan yang terlibat membantu kelancaran acara Career Day MGBK, dengan stand dan juga dukungan acara-acara Career Day,” ujar Melitina di arena pameran Career Day MGBK.

Seperti diketahui dalam acara Career Day MGBK yang berlangsung selama 3 hari, ATVI membackup penuh untuk publikasi baik melalui media mainstream (media online nasional), maupun platform digital, seperti siaran langsung melalui kanal Youtube MGBK DKI, live streaming podcast dari setiap universitas untuk promosi digital.

Selain membuka stan untuk memberikan informasi tentang ATVI sebagai kampus digital dan peluang karir ke depan, ATVI juga menyediakan peralatan layaknya studio sehingga pengunjung bisa mencoba sebagai presenter.

Melitina melihat dalam Career Day MGBK ini terlihat kolaborasi yang sangat sinergis antara MGBK DKI, perguruan tinggi, serta pihak lain yang terkait dengan informasi pendidikan tinggi.

“Saya melihat kegembiraan dan juga kepuasaan para pengunjung terutama pelajar melihat pameran pendidikan dan menikmati hiburan yang disajikan, seperti ketika mahasiswa ATVI yang juga Finalis LIDA, Nia, tampil menyanyi,” katanya.

Sementara itu, penanggung jawab event ATVI Hans Utama mengatakan untuk pertama kalinya ATVI berpartisipasi mengikuti pameran pendidikan yang diselenggarakan oleh MGBK DKI ini .

ATVI mengerahkan hampir seluruh kekuatannya dlm mendukung pameran ini, untuk memperlihatkan kompetensi ATVI dalam bidang digital audio video.

Hans Utama mengatakan dalam  pameran ini ATVI tampil all out dengan menghadirkan 5 spot, yaitu stan informasi ATVI, multicam production, simulasi teleprompter, demo OB Van, studio dan broadcast podcast live streaming.

“Kita juga mengerahkan 20 mahasiswa ATVI setiap harinya untuk membantu mengoperasikan seluruh spot. Respons dan kehadiran para siswa di pameran ini sangat mengejutkan, antusias, jumlahnya banyak dan tepat sasaran. Salut untuk kerja tim MGBK DKI ini,” ujar Hans Utama.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Career Day 2023   Pelajar   Siswa   guru  

Terpopuler