Cari Bibit Atletik, PASI dan DBL Gelar Student Athletics Championships di Lombok

Jumat, 30 September 2022 – 20:26 WIB
Acara pembukaan Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 yang digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Foto: DBL Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air bertajuk Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 dimulai di GOR 17 Desember, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (30/9/2022).

Kota Mataram yang merupakan tuan rumah menggelar perlombaan atletik regional qualifiers bagi pelajar tingkat SD, SMP, hingga SMA untuk wilayah Bali-Nusa Tenggara.

BACA JUGA: Gandeng DBL Indonesia, PB PASI Ingin Masifkan Olahraga Atletik

Dalam acara pembuka, turut hadir Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah dengan didampingi oleh Azrul Ananda (CEO & Founder DBL Indonesia) dan Muhammad Farid Ghozaly (Ketum Pengprov PASI NTB) mewakili PB PASI selaku penyelenggara.

Hadir juga dalam acara tersebut Surya Bahari (Kadispora NTB), Mori Hanafi (Ketua KONI NTB), Irwan Agus Suwandaka (mewakili PT Mayora Indah Tbk), serta I Dewa Gede Sutrisna Putra (Astra Motor NTB). 

BACA JUGA: Mbak Riri Tak Punya Video Porno, tetapi Digebuki Polwan

Zulkieflimansyah dalam sambutannya menyambut baik ajang yang digelar di daerahnya. Diharapkan dengan adanya perlombaan ini, bibit-bibit atletik dari daerah Nusa Tenggara Barat kembali muncul.

”Atlet kelas dunia butuh perencanaan yang terprogram jangka panjang. Selama ini kita punya Zohri atau Sofyan yang berhasil meraih emas, namun mereka lahir karena bakat alam."

"Mudah-mudahan dengan inisiasi yang luar biasa melalui Champion SAC Indonesia 2022 ini, kita memulai kompetisi dari tingkat pelajar secara reguler. Sehingga akan terlihat mutiara-mutiara yang selama ini terpendam dan mengharumkan nama NTB secara nasional hingga internasional,” ungkap Zulkieflimansyah dalam rilis tertulis.

CEO & Founder DBL Indonesia Azrul Ananda menerangkan latar belakang diselenggarakan Champion SAC Indonesia 2022. 

Azrul berharap ajang ini bisa mencari bibit potensial atlet atletik Indonesia di masa mendatang.

”Bersama PB PASI, kami mewujudkan misi men-DBL-kan atletik. Dengan target 22 ribu peserta dari kalangan pelajar." 

"Jadi, kompetisi atletik tingkat sekolah ini misi utamanya menjadi booster partisipasi dan popularitas atletik bagi pelajar mulai SD hingga SMA. Harapannya kita bisa sama-sama menebarkan jala untuk menemukan bibit-bibit potensial di Indonesia,” tambah Azrul.

Lombok sendiri dipilih oleh Azrul sebagai kualifikasi regional merupakan permintaan khusus Ketua Umum induk organisasi atletik Indonesia (PASI) Luhut Binsar Pandjaitan.

"Menurut beliau, jika ingin memulai sesuatu harus dari Lombok mengingat simbol dunia atletik Tanah Air sekarang ada di NTB," ungkap Azrul menirukan pernyataan Luhut.

Setelah penyelenggaraan di Mataram (Bali-Nusra Qualifiers), rencananya Champion SAC Indonesia 2022 akan bergeser ke Mimika (Papua Qualifiers) pada 7 hingga 9 Oktober mendatang. 

Berlanjut ke Yogyakarta (DI Yogyakarta Qualifiers) pada 21-23 Oktober. Lalu menyusul Jawa Barat (Bandung), Sumatera Utara (Medan), DKI Jakarta-Banten (Jakarta), Kalimantan (Banjarmasin), Jawa Tengah (Semarang), dan Jawa Timur (Surabaya). 

Mereka yang terbaik dari seluruh wilayah akan dikompetisikan di babak puncak, National Championship di Jakarta pada Desember mendatang.

Kompetisi ini memperlombakan beberapa nomor atletik. Nomor sprint (lari jarak pendek) dengan jarak 60 meter (SD), 80 meter (SMP) dan 100 meter (SMA). Kemudian relays (lari estafet), yang dibagi menjadi tiga nomor 8x50 meter (SD), 5x80 meter (SMP), dan 4x100 meter (SMA).

Ketiga, middle distance (lari jarak menengah) yang terdiri dari dua nomor, yakni 800 meter (SMP) dan 1000 meter (SMA).

Pada hari pembukaan, Jumat (30/9/2022), sebanyak tiga main event cabang olahraga atletik untuk Qualifier Bali dan Nusa Tenggara dipertandingkan.

Di antaranya, sprint (lari jarak pendek), shot put (tolak peluru) dan long jump (lompat jauh). Rangkaian acara dibagi dalam dua sesi.(dbl/mcr16/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler