Cari Mitra, Bakrieland Jual Lahan

Senin, 08 Agustus 2011 – 11:02 WIB
JAKARTA – PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) masih mencari investor strategis untuk pengelolaan lahan di kawasan Rasuna Epicentrum, Jakarta SelatanSejauh ini, perusahaan properti anak usaha Grup Bakrie itu telah melepas 3 hektare (ha) di antara total 16 ha lahan yang dimiliki di kawasan tersebut senilai Rp 500 miliar.

Direktur Utama ELTY Hiramsyah S

BACA JUGA: PLN Siapkan Obligasi USD 2 Miliar

Thaib mengatakan, ada dua perusahaan lokal yang membeli lahannya itu
”Nanti ada pembicaraan lagi dengan beberapa investor

BACA JUGA: Internet Gratis untuk RT-RW

Kami harapkan kuartal III 2011 bisa selesai,” ujarnya pekan lalu.

Hiramsyah mengatakan, perseroan memang mengundang investor strategis untuk menggarap kawasan Rasuna Epicentrum
Saat ini, Bakrieland memiliki lahan seluas 54 ha pada proyek Rasuna Epicentrum

BACA JUGA: Kalla Bangun Monorel Bandung dan Makassar

Lahan cadangan (land bank) yang masih dimiliki di kawasan tersebut seluas 16 haNanti perseroan mengembangkan 3–8 hektare lahan di kawasan tersebut bersama mitra strategis.

Selain proyek tersebut, ELTY akan menggandeng investor untuk pengembangan land bank lain yang dimiliki perseroanTotal land bank yang ada mencapai 14 ribu ha, termasuk di antaranya proyek besar pengembangan di wilayah Bukit JonggolTahun lalu ELTY menerbitkan saham baru (rights issue) Rp 3,2 triliun yang sebagian besar dananya  untuk mengakuisisi 51 persen saham Bukit Jonggol Asri (BJA) senilai Rp 1,917 triliun
Untuk berbagai proyek lain itu, mitra strategis diharapkan bisa didapat akhir tahun ini”Kami harapkan kuartal empat tahun ini,” harapnya.

Masuknya mitra tersebut akan mempercepat rencana perseroan dalam penyelesaian segala proyek properti yang dimilikiSelain itu, adanya sokongan finansial dari mitra akan mengurangi beban pengeluaranJika mitra tersebut bisa masuk sesuai harapan, anggaran belanja modal (capital expenditure) yang ditetapkan tahun ini dan tahun depan bisa berkurang.

Capex 2011 hingga 2012, ELTY menganggarkan dana Rp 2 triliun–Rp 2,5 triliunDana tersebut dipergunakan untuk pengembangan proyek-proyek properti yang dimilikiUntuk capex, perseroan menggunakan dana hasil penjualan, kas internal, serta dana dari pihak ketiga.

Mengenai mitra, ada dua opsi yang diberikanYaitu, membeli sebagian land bank yang dimiliki atau membuat perusahaan patunganItu semua masih dibicarakanTahun ini ELTY menargetkan pertumbuhan pendapatan hingga 30 persen menjadi Rp 1,768 triliun dari Rp 1,368 triliun tahun lalu. (gen/c6/oki)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Beli Voucher 3 Dapat Pizza


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler