Cari Tambahan, Pergi Angkut Bawang Pulang Selundupkan Orang

Jumat, 01 Mei 2020 – 17:33 WIB
Sejumlah pemudik diselundupkan di truk. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Di tengah larangan mudik yang diterapkan pemerintah, ternyata mendorong sebagian masyarakat untuk memutar otak mengakalinya.

Kondisi itupun dimanfaatkan sebagian pemilik angkutan barang, seperti truk pengangkut bawang untuk memuluskan keinginan pemudik ke kampung halaman.

BACA JUGA: Warga yang Masih Bandel saat Wabah Corona Bakal Ditangkap Polisi

Berdasarkan keterangan yang dihimpun Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, pengemudi memanfaatkan angkutan yang kosong dari Jawa, seperti Brebes, untuk mengangkut para pemudik yang ingin mudik ke Brebes dan atau kota lain.

Truk yang mengangkut pemudik akan mendapat bayaran sesuai kesepakatan dan tujuan.

BACA JUGA: Demi Bisa Pulang Kampung, Pemudik Ini Rela Sembunyi di Tumpukan Kerupuk

Truk dari Brebes biasanya mengangkut kiriman bawang merah ke Jakarta, dan kembali lagi ke Brebes.

"Truk tersebut awalnya membawa bawang dari Brebes ke Pasar Bitung dan pulang ke Brebes," ungkap Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo, dalam keterangan resmi.

BACA JUGA: Sudah Dilarang, Pengemudi Ojek Online Masih Bandel

Menurut Kombes Purnomo, jajarannya baru saja memergoki sebuah truk menyelundupkan sejumlah pemudik yang hendak keluar Jabodetabek.

Temuan itu terjadi pada Jumat pagi pukul 10.52 WIB di GT CIkarang Barat.

"Pada hari Jumat tanggal 1 Mei 2020 pukul 10.52 WIB di Gerbang Tol Cikarang Barat telah diperiksa satu unit truk yang mengangkut penumpang," kata Sambodo menambahkan.

Temuan truk yang mengangkut penumpang tersebut terjadi saat petugas Ditlantas yang berjaga di Pos Pengamanan Operasi Ketupat Jaya 2020 di GT Cikarang Barat, yang menggelar pemeriksaan rutin terhadap truk yang akan keluar Jabodetabek.

Pada awalnya pemeriksaan berjalan lancar tanpa ada temuan yang mencurigakan. Petugas kemudian memeriksa truk dengan nomor polisi G 1906 FR yang dikemudikan oleh FEI.

Sesuai prosedur, petugas kemudian meminta pengemudi untuk turun dan membuka bagasi truk untuk memeriksa isi muatan sebelum diperkenankan meninggalkan Jabodetabek.

Namun yang ditemukan petugas bukan barang melainkan enam orang pemudik.

Petugas kemudian meminta seluruh penumpang truk turun untuk didata dan dimintai keterangan.

Berdasarkan keterangan yang dikumpulkan petugas, para pemudik itu menumpang truk tujuan Brebes, Jawa Tengah, dengan imbalan sejumlah uang.

"Penumpang tersebut akan diangkut ke Brebes, Jawa Tengah. Untuk biaya akan dibayar setelah di Brebes," kata Sambodo. (ant/mg8/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler