Catat! Ini Cara Mengakses Telemedisin untuk Pasien Covid-19

Sabtu, 19 Februari 2022 – 13:12 WIB
Kemenkes mengungkapkan cara mendapatkan layanan telemedisin bagi pasien Covid-19 yang menjalani isoman. Tangkapan layar layanan telemedisin

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) bisa mendapatkan layanan telemedisin.

Fasilitas itu bisa diakses melalui beberapa jalur secara gratis. Adapun daerah-daerah yang bisa mengakses layanan telemedisin ialah Jabodetabek, Karawang, Bandung, Semarang Raya, Surakarta Raya, Kota Yogyakarta, Surabaya Raya, Malang Raya, Kota Denpasar, dan Nusa Dua.

BACA JUGA: Pasien dengan Hasil Antigen Positif Kini Bisa Akses Layanan Telemedisin

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan layanan telemedisin ini sudah diperluas ke kota-kota besar di Jawa dan Bali.

Kemudian, mulai hari ini (19/2), Kemenkes juga akan memperluas layanan telemedisin ke Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

BACA JUGA: Satgas Minta Pasien Positif Covid-19 agar Jalani Karantina

"Layanan telemedisin terus ditingkatkan dan diperluas untuk membantu agar masyarakat yang isoman dapat memperoleh fasilitas pengobatan yang memadai, sehingga mereka tidak perlu dirawat di rumah sakit,” kata Nadia, dikutip dari keterangannya, Sabtu (19/2).

Dia menjelaskan pasien tanpa gejala (OTG) dan gejala ringan yang dilayani fasilitas telemedisin sampai 14 Februari 2022 telah mencapai 158.075 untuk wilayah Jawa dan Bali.

BACA JUGA: 2 Hari Berturut Selalu Ada Pasien Covid-19 Meninggal Dunia di Sukabumi

Adapun jumlah pasien Covid-19 sudah mendapatkan layanna konsultasi dan resep elektronik sebanyak 136.028 jiwa.

Kemudian, 129.100 resep obat telah dikirimkan ke rumah pasien, dan 85 persen di antaranya menerima obat H+1 sejak dipesan.

“Kami terus meningkatkan layanan telemedisin agar paket obat yang sampai ke pasien lebih cepat lagi,” ujar dr. Nadia. (mcr9/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Berikut cara mendapatkan telemedisin untuk pasien Covid-19:

  1. Pasien bisa menghubungi nomor 081110500567 melalui WhatsApp atau Email sertifikat@pedulilindungi.id dan Call Center di nomor 119 ext. 9.
  2. Bagi pengguna telemedisin yang tidak mendapat WhatsApp dari Kemenkes, bisa juga mengkonfirmasi ke laman isoman.kemkes.go.id/panduan
  3. Masyarakat hanya perlu memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) ke laman tersebut untuk melanjutkan ke tahap pengajuan berikutnya.
  4. Layanan telemedisin gratis Kemenkes bisa diakses oleh masyarakat yang melakukan tes PCR/Antigen di Lab yang terafiliasi Kemenkes.

Redaktur : Elvi Robia
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler