Catat! Ini Informasi Penting soal Beasiswa

Kamis, 18 Januari 2018 – 00:50 WIB
Uang. Ilustrasi Foto: Jawapos.com

jpnn.com, TANJUNG SELOR - Pada 2017 banyak mahasiswa Kalimantan Utara yang tidak bisa mendapatkan beasiswa yang disalurkan Pemprov Kaltara.

Pasalnya, kuota yang tersedia hanya sekitar 2.593, baik SMA/SMA maupun perguruan tinggi (PT).

BACA JUGA: SMART Gelontorkan Beasiswa Rp 2,8 Miliar

Karena itu, Pendidikan Kaltara mengusulkan anggaran untuk sekitar 5 ribu penerima beasiswa tahun ini.

Ketua Dewan Pendidikan Kaltara, Herwansyah mengatakan, saat ini pagu anggaran yang diberikan belum diketahui.

BACA JUGA: Tahun Ini Kuota Bidik Misi 90 Ribu Kursi

Tetapi pihaknya meminta agar dapat ditingkatkan dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 12 miliar. Namun keputusan itu kembali lagi pada pemerintah daerah.

“Karena tahun lalu itu tidak cukup, jadi ada yang gugur sebanyak 1.680 orang, makanya kita minta ditingkatkan lagi kalau bisa dua kali lipat yakni sekitar 5 ribuan,” ujarnya kepada Radar Kaltara (Jawa Pos Group), Rabu (17/1).

BACA JUGA: Kuota Beasiswa Dosen dan Peneliti Diusulkan Naik Sebegini

Dikatakan, pihaknya sudah menyampaikan hal ini ke DPRD Kaltara dan dewan berjanji akan menyampikan hal itu ke Pemprov Kaltara agar ditingkatkan lagi anggarannya.

“Minimal Rp 17 miliar hingga Rp 20 miliar. Supaya semua yang mengusulkan semua terakomodir, jangan sampai mahasiswa yang tidak dapat tahun lalu tidak dapat lagi tahun ini, sementara kebutuhan sama. Yang 1.680 ini diprioritaskan,” ungkapnya.

disampaikan, penerimaan berkas usulan Beasiswa Kaltara Cerdas ini akan dibuka mulai Maret hingga Juni mendatang.

Untuk itu mahasiswa yang berminat mengusulkan beasiswa sudah dapat mempersiapkan dirinya mulai saat ini, khususnya yang berada di luar daerah agar tidak ada keterlambatan memasukkan usulannya.

Karena jika melewati batas waktu yang telah ditentukan, maka proposal tersebut tidak dapat diterima.

“InsyaAllah dibuka mulai pertengahan Maret sampai Juni, mahasiswa sudah bisa mempersiapkan dari sekarang terutama yang belum dapat tahun lalu diminta untuk memperbaharui berkas saja seperti tahun anggaran 2017, kan diganti jadi 2018. Kalau persyaratannya sudah lengkap tinggal mengubah itu saja,” jelasnya.

Sementara, untuk besaran beasiswa yang akan diterima juga bervariasi. Sama seperti tahun sebelumnya, di antaranya untuk jenjang S1 dan kategori kurang mampu menerima beasiswa Rp 4 juta dan yang berprestasi Rp 5 juta.

“Saya kurang hapal, tapi untuk yang S1 ini mulai dari Rp 4 juta sampai Rp 20 juta per mahasiswa tergantung jurusannya. Yang Rp 20 juta ini seperti mahasiswa yang kuliah di luar negeri,” pungkasnya. (lee/eza)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nama-nama Penerima Beasiswa Diumumkan Rabu


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler