Catatkan Rekor Pelatih Terlama Arsenal

Sabtu, 03 Oktober 2009 – 10:01 WIB

PADA 1 Oktober 1996, Arsenal menunjuk Arsene Wenger sebagai pelatih ke-24 sepanjang sejarah The GunnersPenunjukan Wenger menyita perhatian bukan semata karena pelatih pertama Arsenal dari luar Inggris Raya

BACA JUGA: Toyota Juga Incar Kimi

Melainkan karena reputasi pelatih yang berultah ke-60 per 22 Oktober mendatang itu yang masih asing di telinga gila bola (gibol) Inggris.
    
"Arsene Who"
Begitulah headline The Evening Standard, koran besar Inggris yang berbasis di London terkait penunjukan Wenger

BACA JUGA: Persipura versus SFC di Makassar

Maklum, Wenger datang dari klub Jepang Nagoya Grampus Eight
Sekalipun berhasil membawa Nagoya meraih dua gelar meski hanya semusim, cerita sukses Wenger praktis tak terdengar sampai ke Negeri Ratu Elizabeth

BACA JUGA: Danai ISL, Djarum Gelontorkan Rp37,5 M


    
"Keputusan kala itu cukup gamblingKami mendapatkan namanya dari Gerard Houllier (yang dua musim berikutnya menangani klub saingan Arsenal, Liverpool, Red),? kata David Dein, mantan wakil chairman Arsenal, yang dulu mendaratkan Wenger ke Higbury (kandang lama Arsenal sebelum Emirates), di situs resmi klub.
    
Dein juga mengakui jika Wenger semestinya sudah menduduki jabatan pelatih pada pertengahan 2005 atau setahun sebelumnyaHanya, Wenger terganjal dengan status bukan pelatih asli Inggris karena sepak bola Inggris kala itu sedikit anti dengan pelatih asing.
    
"Arsenal memilih memberikan kepercayaan pada Bruce Rioch kala itu meski saya sudah dinyatakan lulus ketika interviewSaya tidak kecewa dan menunggu kabar baik berikutnya,? kata Wenger kepada The Times.
    
Benar saja, penantian Wenger hanya setahunWenger pun langsung membuktikan sentuhan ajaibnya bagi ArsenalDi musim pertama, The Gunners dibawanya finis di peringkat ketiga di akhir musim 1996/1997Arsenal nyaris lolos ke Liga Champions (Premier League musim itu diwakili dua tim teratas klasemen) karena hanya kalah selisih gol dari runner-up Newcastle United.
    
Nama Wenger langsung meroket di musim kedua setelah Arsenal meraih double winners di Premier League dan Piala FASejak saat itu, Wenger berangsur-angsur menembus jajaran pelatih top di Inggris, Eropa, bahkan duniaPada Desember 2008, Wenger melakoni laga ke-700 bersama Arsenal dan menjadikannya sebagai pelatih dengan laga terbanyak sepanjang sejarah klub asal London Utara.
    
Raihan itu makin lengkap Kamis lalu (1/10) kala Wenger mencapai 4.749 hari bersama ArsenalArtinya, Wenger melampaui catatan pelatih legendaris Arsenal George AllisonPelatih berjuluk The Professor itu bahkan disejajarkan dengan Herbert Chapman, pelatih pertama yang membawa Arsenal juara kompetisi level teratas Inggris pada dekade 1930-an
    
"Saya ingat ketika bergabung dengan Arsenal pada 1999, Wenger dicap terlalu mengutamakan pemain Prancis (French Connection, Red)Namun, tidak ada yang salah soal itu karena Arsenal terbukti berprestasi,? kata Thierry Henry, eks striker Arsenal yang kini membela Barcelona, kepada Daily Mail kemarin (2/10).
    
"Jika ada kesempatan, saya ingin balik ke Arsenal karena selain saya mencintai klub itu, keberadaan Wenger sangat berarti,? tambah striker 32 tahun yang mengoleksi 226 gol selama 364 laga membela Arsenal itu.
    
Wenger beberapa tahun terakhir dikenal sebagai pelatih yang sukses memoles pemain belia menjadi pemain bintangSebut saja munculnya nama Nicolas Anelka, Cesc Fabregas, Kolo Toure, hingga Emmanuel AdebayorWenger pun dijuluki sebagai penyihir pemain muda.
"Kunci kepelatihannya adalah kata-kata tepat sehingga dia selalu dipercaya pemainnya,? tutur Martin Keown, satu dari eks kuartet defender legendaris Arsenal akhir dekade 1990-an(dns/aww)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Giggsy Gabung Klub 150


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler