CATL Rilis Baterai Mobil Listrik Yang Bisa Menggandakan Pengisian Daya 4 Kali Lipat

Senin, 29 April 2024 – 06:33 WIB
Pameran Baterai Pengisian Super Cepat Shenxing yang dipajang di stan produsen baterai Tiongkok Contemporary Amperex Technology Co., Ltd. (CATL) selama International Motor Show 2023, yang secara resmi dikenal sebagai IAA MOBILITY 2023, di Munich, Jerman, 5 September 2023. (ANTARA/X/CATL)

jpnn.com - Produsen baterai asal Tiongkok, Contemporary Amperex Technology Co. Limited (CATL) menghadirkan baterai Shenxing Plus terbarunya.

Baterai mobil listrik itu mampu mencapai pengisian daya 4C dan dapat menambah jarak tempuh mobil listrik sebanyak 600 km dalam 10 menit.

BACA JUGA: Tesla Gandeng CATL Kembangkan Baterai Mobil Listrik

Menggunakan lithium iron phosphate (LFP) yang lebih murah dan stabil, Shenxing Plus diklaim memiliki kepadatan energi 205 Wh/kg.

CATL telah menerapkan bahan berbentuk sarang lebah tiga dimensi yang dikembangkan sendiri, untuk meningkatkan kepadatan energi anoda dan mengontrol ekspansi volume pengisian dan pemakaian.

BACA JUGA: Daimler Perkuat Kerja Sama dengan CATL

Baterai baru itu mampu memaksimalkan pemanfaatan ruang berkat teknologi CTB 3.0 (cell to body), yang memberikan struktur cangkang terintegrasi pada baterai, efisiensi volume meningkat 7 persen.

CATL mengeklaim bahwa baterai 7dapat memungkinkan mobil memiliki jangkauan 1.000 km (CLTC).

BACA JUGA: Hyundai IONIQ 5 Hingga KIA EV6 Bermasalah di Sistem Baterai, Bagaimana di Indonesia?

Shenxing Plus adalah baterai 4C yang berarti pengganda pengisian daya empat kali lipat.

Pengisian daya selama sepuluh menit dapat menambah jarak tempuh 600 km dan 1 km dapat ditambahkan dalam satu detik.

Baterai Shenxing saat ini dapat menambah 400 km dalam sepuluh menit, sehingga versi Plus merupakan peningkatan yang signifikan.

Fitur-fitur seperti kotak tegangan tinggi dengan efisiensi pendinginan yang sangat tinggi, dan algoritma sistem manajemen baterai cerdas AI membantu memastikan keamanan baterai.

Hingga saat ini, CATL, perusahaan baterai terbesar dunia, dapat memproduksi sel baterai dalam satu detik di pabrik mercusuar perusahaan.

Shenxing Plus merupakan terobosan besar bagi CATL, dan berarti saat ini menjadi yang terdepan dalam baterai LFP.

Hal itu juga memberikan banyak tekanan kepada BYD untuk benar-benar menghasilkan sesuatu yang revolusioner untuk baterai blade. (carnewschina/ant/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gandeng Indomobil, GAC Aion Akan Rakit Mobil Listrik di Indonesia


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler