Cawapres Unggulan, Erick Thohir Potensial Membawa Kemenangan Besar

Minggu, 08 Oktober 2023 – 21:15 WIB
Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menjadi figur calon wakil presiden (cawapres) unggulan untuk didukung maju pada Pilpres 2024. 

"Kalau dari hasil survei dilihat Pak Erick Thohir ini bisa (dipasangkan dengan) capres mana pun," ujar Guru Besar Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof Kacung Marijan dalam keterangannya, Minggu, (8/10).

BACA JUGA: Dinilai Layak jadi Cawapres, Erick Thohir Punya Sejumlah Keunggulan

Lebih lanjut dia menilai Erick menjadi sosok yang mendapat kepercayaan besar dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Keberadaan Erick Thohir diyakini kian memperbesar peluang kemenangan pada pilpres mendatang.

Dalam pandangannya, Erick Thohir merupakan sosok tepat untuk mendampingi Prabowo Subianto. Hal tersebut dikuatkan dengan temuan survei yang menunjukkan Erick Thohir berhasil membawa Prabowo unggul pada semua simulasi pasangan untuk Pilpres 2024. 

BACA JUGA: Erick Thohir Dinilai Mampu Menyelesaikan Dugaan Korupsi di BUMN dengan Tuntas

Merujuk pada hasil survei Poltracking Indonesia periode 3-9 September 2023, Erick Thohir sukses membawa Prabowo pada kemenangan. 

Duet Prabowo-Erick Thohir berhasil unggul pada semua simulasi pasangan melawan kandidat lain.

BACA JUGA: Erick Thohir Pilihan Tepat sebagai Cawapres Pendamping Prabowo

"Kalau hasil survei Erick Thohir dengan Pak Prabowo sangat tinggi," ungkapnya.

Catatan simulasi pertama, Prabowo-Erick Thohir berhasil unggul dari pasangan Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno. 

Keduanya mendapat perolehan sebesar 32,1 persen, sedangkan Ganjar-Sandiaga 30,3 persen disusul Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 19,6 persen.

Pada simulasi kedua, Prabowo-Erick Thohir sukses mandapat perolehan tertinggi dengan 32,5 persen. Posisi kedua, duet Ganjar - Mahfud MD mendapat 31,7 persen, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 19,2 persen. 

Menurut Kacung, hadirnya capaian elektabilitas tersebut, makin menjadikan Erick Thohir figur cawapres unggulan untuk pilpres. 

Anggota Kehormatan Banser Nahldatul Ulama (NU) ini memiliki daya keterpilihan sangat mumpuni sebagai pembawa kemenangan besar.

"Jadi, bisa kuat untuk diusung pada pesta demokrasi nanti," pungkasnya. (boy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler