Cegah Dehidrasi dengan Mengonsumsi 7 Minuman Ini

Senin, 05 Agustus 2024 – 02:00 WIB
Susu. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - MUSIM kemarau bisa menyebabkan banyak orang mengalami dehidrasi.

Apa itu dehidrasi? Dehidrasi ialah kondisi saat tubuh kehilangan banyak cairan daripada yang dikonsumsi.

BACA JUGA: Anda Mengalami Dehidrasi, Atasi dengan Mengonsumsi 6 Makanan Ini

Dehidrasi bisa berbahaya bagi tubuh. Anda bisa jatuh pingsan jika mengalami dehidrasi parah.

Tetap terhidrasi secara sehat berarti Anda menjaga keseimbangan air alami tubuh kamu.

BACA JUGA: 5 Minuman Ini Bantu Turunkan Berat Badan Tanpa Efek Samping

Performa optimal Anda sehari-hari bergantung pada menjaga keseimbangan tersebut, jadi kamu harus mengganti semua cairan yang hilang.

Karena lebih dari separuh tubuh Anda terdiri dari air, semua fungsi kamu bergantung pada kecukupan air.

BACA JUGA: Ingin Mencegah Terjadinya Dehidrasi Tubuh, Konsumsi Saja 3 Buah Lezat Ini

Dengan mengetahui cara terbaik untuk melakukan rehidrasi, Anda dapat dengan mudah menjaga tingkat hidrasi yang sehat dalam tubuh kamu.

Beruntung bagi Anda, ada beberapa pilihan minuman saat kamu ingin tetap terhidrasi.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Virginpure.com.

1. Air

Tidak ada kejutan di sini. Air akan selalu menjadi salah satu minuman terbaik untuk menghidrasi.

Air murni benar-benar alami. Setengah hingga tiga perempat tubuh kita terdiri dari air.

2. Susu dan alternatif susu

Sebuah studi ilmiah telah menyatakan bahwa susu adalah salah satu minuman yang paling menghidrasi.

Hal ini karena susu mengandung mineral natrium elektrolit yang juga ditemukan dalam larutan rehidrasi seperti Dioralyte.

Seiring dengan jumlah alami gula (laktosa), protein dan lemak yang juga ditemukan dalam susu, hal ini memperlambat jumlah urin yang kita keluarkan dan oleh karena itu bisa membuat kita tetap terhidrasi lebih lama.

Karena susu juga mengandung kalsium dan vitamin D, susu umumnya merupakan minuman sehat serba guna untuk membantu tingkat hidrasi.

Jika Anda tidak menyukai produk susu, kamu harus bisa menemukan alternatif susu yang sesuai dengan selera Anda.

Mereka umumnya memiliki lebih sedikit kalori, lemak dan protein dibandingkan susu.

Anda juga bisa memilih makanan yang mengandung tambahan kalsium, tetapi sebaiknya hindari makanan yang banyak tambahan gula.

Jika pada prinsipnya Anda setuju dengan produk susu dan hanya ingin menghindari laktosa, maka susu bebas laktosa adalah pilihan terbaik karena memiliki nilai nutrisi yang sama dengan susu biasa.

Alih-alih laktosa, produk ini mengandung laktase, enzim yang diproduksi oleh orang-orang yang toleran terhadap produk susu yang memecah laktosa dalam tubuh mereka.

3. Air infuse buah dan herba

Menambahkan sepotong buah segar atau ramuan aromatik ke dalam air Anda adalah cara ideal untuk menambahkan sedikit rasa ekstra sekaligus tetap sehat.

Meskipun irisan lemon, jahe, atau mint tetap menjadi favorit, mengapa tidak mencoba beberapa kombinasi berbeda, seperti stroberi, jeruk nipis, dan kemangi, atau jeruk bali dan rosemary.

4. Jus buah

Itu jus buah 100 persen, bukan yang terbuat dari konsentrat.

Selain itu, meskipun yang asli adalah yang terbaik karena mengandung banyak vitamin dan mineral, tetapi mengandung cukup banyak gula, sekitar 8-9g per 100ml.

Oleh karena itu, kita disarankan untuk membatasi asupan harian kita menjadi sekitar satu gelas kecil sehari.

5. Minuman olahraga

Berbeda dengan minuman berenergi (seperti Red Bull), minuman olahraga isotonik (seperti Lucozade Sport, Powerade, dan Gatorade) adalah salah satu cara terbaik untuk melakukan rehidrasi saat berolahraga.

Meskipun minum air cukup menghidrasi untuk olahraga ringan dan sedang, minuman isotonik adalah minuman yang Anda perlukan jika kamu berolahraga selama lebih dari satu jam atau Anda belum makan dalam waktu yang cukup lama.

Minuman isotonik yang layak harus mengandung sekitar 50mg per 100ml cairan favorit hidrasi lama, natrium, bersama dengan sejumlah kecil elektrolit lain seperti kalium dan klorida, dan sekitar 6-8 persen harus berupa larutan karbohidrat.

Kombinasi ideal ini akan membantu memberi Anda energi dan mengisi kembali apa yang hilang melalui keringat, tetapi karena banyaknya gula, tidak baik untuk Anda jika kamu tidak berolahraga.

6. Air kelapa

Air kelapa disebut-sebut sebagai minuman olahraga alami karena mengandung semua elektrolit penting: natrium, kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor.

Umumnya memiliki lebih banyak potasium daripada minuman olahraga dan, sekitar 4-6g per 100ml, sedikit lebih sedikit gula.

Air kelapa mengandung natrium yang jauh lebih sedikit sehingga tidak bisa menggantikannya jika Anda serius berolahraga.

Namun, jumlah gula tersebut, meskipun lebih sedikit dibandingkan kebanyakan minuman ringan dan jus buah, tetap harus diperhatikan jika Anda tidak membakarnya.

7. Teh

Meskipun Anda tidak ingin minum terlalu banyak teh sepanjang hari, karena kafein bisa membuat Anda lebih sering buang air kecil dan dehidrasi, teh herbal bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu tetap terhidrasi secara sehat.

Hal ini karena seperti teh biasa, teh herbal penuh dengan antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas berbahaya yang menyebabkan diabetes, kanker, dan penyakit jantung.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Mengonsumsi 6 Minuman Ini


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
dehidrasi   minuman   air   Teh  

Terpopuler