Cegah Kanker Payudara dengan 7 Makanan Sehat Ini

Jumat, 08 Juli 2022 – 02:19 WIB
Jeruk. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - SALAH satu penyakit mematikan dan juga ditakuti banyak orang ialah kanker.

Kanker merupakan penyakit yang timbul akibat sel-sel tubuh tumbuh dengan tidak normal.

BACA JUGA: Waspada Ladies, 3 Jenis Makanan Lezat Ini Memicu Kanker Payudara

Ada berbagai jenis kanker. Mulai dari kanker darah, kanker hati, kanker usus, hingga kanker payudara.

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang wanita.

BACA JUGA: Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan 4 Makanan Sehat Ini

Jika Anda ingin mencegah dari serangan kanker payudara, beberapa makanan sehat ini bisa membantu.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Lompocvmc.

BACA JUGA: Cegah Timbulnya Uban dengan Mengonsumsi 5 Makanan Sehat Ini

https://lompocvmc.com/blog/124-healthy-living/1884-11-healthy-foods-that-reduce-breast-cancer-Risk?fbclid=IwAR37JyZmtN7njMzS_OHHlmP2DEOKUR-hWKXoXj7FwFxeOtY08-sg74sDDK0.

1. Sayuran Hijau Berdaun Gelap

Kale, bayam, dan sawi hijau adalah beberapa dari banyak sayuran berdaun gelap yang bisa melawan kanker payudara.

Sayuran berdaun hijau merupakan makanan sehat yang sarat dengan antioksidan yang bisa menghancurkan radikal bebas penyebab kanker.

Dalam sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute, para peneliti menemukan bahwa wanita yang makan sayuran berdaun gelap memiliki risiko kanker payudara yang jauh lebih rendah daripada wanita yang tidak mengonsumsinya.

2. Berry

Buah beri mengandung antioksidan dan vitamin yang bisa melindungi sel, memperbaiki sel yang rusak, dan memperlambat penyebaran sel kanker.

Berry yang lebih gelap memiliki 50 persen lebih banyak antioksidan daripada berry yang lebih terang.

Dalam sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Antioksidan, para peneliti menemukan bahwa blackberry dan blueberry, khususnya, bisa menghancurkan tumor payudara dan sel kanker.

Buah beri cocok dengan sereal, yoghurt Yunani, dan oatmeal, dan juga bisa ditambahkan ke salad buah.

Pilih beri segar daripada beri kering, karena yang terakhir biasanya mengandung tambahan gula dan lebih sedikit nutrisi.

3. Jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin C, folat, kalsium, dan banyak nutrisi lain yang bisa mencegah dan melawan kanker payudara.

Dalam sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Breast Cancer, para peneliti mengetahui bahwa wanita yang makan banyak buah jeruk 10 persen lebih kecil kemungkinannya terkena kanker payudara.

4. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi kaya akan probiotik, yang merupakan bakteri dan ragi hidup yang sehat.

Probiotik baik untuk pencernaan Anda, juga bisa mencegah tubuh Anda menyerap racun berbahaya yang menyebabkan kanker payudara.

Menurut sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam Oncology Reviews, probiotik bahkan bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker.

5. Ikan Berlemak

Jenis ikan tertentu mengandung lemak sehat dan antioksidan yang bisa mengurangi peradangan yang terkait dengan kanker payudara.

Menurut sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan di In Vivo, wanita yang makan ikan berlemak dalam jumlah tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi ikan berlemak.

6. Rempah-rempah dan Herbal

Rempah-rempah dan herbal sering digunakan dalam jumlah kecil untuk membumbui makanan.

Namun, makanan ini mengandung antioksidan, vitamin, dan asam lemak dalam jumlah tinggi yang bisa mencegah kanker payudara.

Kunyit adalah salah satu rempah anti kanker yang paling terkenal, bisa mengurangi peradangan dan kerusakan sel.

Agen anti kanker utama dalam kunyit adalah kurkumin. Oregano adalah ramuan kuat lain yang terhubung dengan penurunan risiko kanker payudara.

Dalam sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam BioMed Research International, para peneliti menemukan bahwa oregano memiliki antioksidan yang bisa menghancurkan sel kanker payudara yang agresif.

7. Delima

Banyak penelitian menunjukkan bahwa buah delima bisa mencegah dan melawan kanker yang bergantung pada estrogen, termasuk kanker payudara.

Delima mengandung senyawa yang disebut ellagitannins yang bisa menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara, menurut sebuah penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam Cancer Prevention Research.

Dalam sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Oxidative Medicine and Cellular Longevity, para peneliti menemukan bahwa jus delima yang difermentasi mengurangi pembentukan lesi kanker payudara sebesar 75 persen hingga 90 persen.

Minum jus delima adalah salah satu cara termudah dan paling nyaman untuk menambahkan buah ini ke dalam diet Anda.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler