Cegah Radikalisme di Kampus, BNPT Gandeng 6 Perguruan Tinggi

Rabu, 19 September 2018 – 02:31 WIB
Suhardi Alius. Foto: BNPT

jpnn.com, SEMARANG - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ( BNPT) menjalin kerja sama dengan enam perguruan tinggi negeri dan swasta di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (18/9).

Enam perguruan tinggi itu adalah Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Semarang, Politeknik Negeri Semarang (Polines), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang, dan Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin).

BACA JUGA: Infiltrasi Radikalisme Melalui Pengasuh tak Mudah Dideteksi

Kerja sama itu dilakukan untuk mencegah masuknya paham radikal ke perguruan tinggi.

Kepala BNPT Suhardi Alius menjelaskan, penandatanganan memorandum of understanding (MoU) itu merupakan tindak lanjut dari pertemuannya dengan 300 rektor se-Jawa Tengah pada Agustus 2018.

BACA JUGA: BNPT dan PPATK Buat Platform Pencegahan Pendanaan Terorisme

"Saat itu saya jelaskan dinamikanya. Di situlah mereka terinspirasi untuk mengadakan kerja sama dengan BNPT. Kami siap untuk itu dan kami berikan tim asisteni untuk mereka,” kata Suhardi Alius usai penandatanganan MoU di Unnes Semarang.

Mantan Sekretaris Utama (Sestama) Lemhanas RI itu menjelaskan, nantinya ada produk-produk yang dihasilkan dari kerja sama tersebut.

BACA JUGA: Mahasiswa Harus Ambil Bagian Perangi Radikalisme

Produk-produk itu akan berguna dalam upaya penanggulangan radikalisme dan terorisme di lingkungan kampus.

Menurutnya, bentuk kerja sama yang ditandatangani itu berkaitan dengan pendidikan, pelatihan, pengkajian, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan dalam rangka penanggulangan terorisme.

“Kerja sama ini akan memberikan suatu  produk, bagaimana mencari jalan yang terbaik supaya  mereka (mahasiswa) betul-betul punya daya tahan dan mereka memainkan peran-peran positif,” kata Suhardi. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mahasiswa Baru Rentan Terpapar Radikalisme


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
radikalisme   BNPT  

Terpopuler