Cegah Stroke Lewat 5 Jenis Makanan ini

Kamis, 25 Juli 2019 – 16:37 WIB
Mewaspadai Stroke Sejak Dini, Ini yang Harus Dilakukan! Foto INT

jpnn.com - Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum benar-benar terjadi, Anda bisa mencegah stroke dengan makanan! Faktanya, jenis makanan tertentu memang terbukti mampu menurunkan risiko terjadinya stroke. 

Beberapa makanan yang dimaksud, antara lain:

BACA JUGA: Waspadai Gejala-gejala Stroke Berikut

1. Buah dan sayur

Tidak hanya lezat, buah dan sayur juga bermanfaat untuk mencegah stroke. Kedua jenis makanan ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan kalori yang rendah. 

BACA JUGA: Cegah Strok dengan 9 Cara Mudah ini

Buah dan sayur membuat Anda kenyang lebih lama tanpa menyebabkan kenaikan berat badan. Secara tidak langsung, hal tersebut mencegah Anda untuk mengalami obesitas yang merupakan salah satu faktor risiko stroke.

Supaya optimal mencegah stroke, beberapa buah dan sayur yang dapat Anda jadikan sebagai menu sehari-hari adalah bayam, pisang, tomat, melon atau ubi. 

BACA JUGA: Cegah Strok dengan Melakukan Hal-hal Postif Ini

2. Gandum utuh

Produk yang terbuat dari gandum utuh, seperti serealia, roti gandum utuh dan oatmeal terbukti dapat membantu mencegah stroke. Sebab, makanan sehat yang satu ini mengandung serat larut yang dapat mengurangi penumpukan plak di pembuluh darah.

Tak hanya itu, konsumsi makanan yang mengandung gandum utuh secara rutin pada porsi yang tepat juga bermanfaat untuk mengurangi penyakit pembuluh darah lain, seperti jantung koroner. 

3. Cokelat hitam

Cokelat hitam sangat baik untuk kesehatan otak Anda. Studi mengatakan bahwa cokelat hitam mengandung kokoa yang lebih banyak, sehingga kadar flavonoid di dalamnya sangat tinggi. 

Flavonoid itu sendiri memiliki sifat sebagai antioksidan kuat yang dapat mencegah pembentukan plak dalam pembuluh darah. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi tiga porsi cokelat hitam per minggu memiliki risiko stroke yang lebih rendah.

4. Ikan laut

Ikan laut telah diketahui bermanfaat untuk mencegah stroke berkat kandungan omega-3 di dalamnya. Penelitian menyebut, asupan omega-3 yang memadai berhubungan dengan tingkat peradangan pada pembuluh darah yang lebih rendah, sehingga mencegah terbentuknya plak ateroskleoris.

Penelitian membuktikan bahwa makan ikan laut sebanyak 2 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko stroke sebesar 6–12 persen. Beberapa ikan laut yang dapat Anda jadikan pilihan adalah tuna, makarel, hering dan salmon.

5. Minyak krill

Minyak krill berasal dari ekstraksi krill, yaitu sejenis udang laut dalam yang terdapat di Antartika. Minyak krill memiliki kandungan omega-3, EPA dan DHA, yang mampu membantu mencegah stroke jika dikonsumsi secara tertarur.

Anda bisa mendapatkan kebaikan minyak krill di dalam H2 Superba Krill Oil dari H2 Health & Happiness.

Supaya manfaat untuk mencegah stroke benar-benar dirasakan, pastikan Anda tahu batasan dalam mengonsumsi makanan-makanan di atas. Jangan lupa juga untuk mengombinasikan konsumsi makanan tersebut dengan penerapan gaya hidup sehat, berolahraga rutin, cukup istirahat, kendalikan stres, serta jauhi rokok maupun alkohol.(NB/RH/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waspadai Bahaya Fibrilasi Atrium, Stroke dan Sudden Death Lewat Kampanye MENARI


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler