Cerita di Balik Kekalahan Hatta Rajasa di Kongres PAN

Rabu, 04 Maret 2015 – 08:41 WIB
Cerita di Balik Kekalahan Hatta Rajasa di Kongres PAN. Foto JPNN.com

jpnn.com - DENPASAR - Zulkifli Hasan sukses mengagalkan ambisi Hatta Rajasa untuk kembali menjadi Ketua Umum DPP PAN periode 2015-2020. Ketua MPR RI itu menang dengan selisih enam suara saja, yakni 292 berbanding 286.

Yang menarik, ada kabar yang menyebut bahwa salah satu faktor yang ikut membuat Hatta kalah karena suara dari PAN Sultra tidak solid ke mantan Menko Perekonomian tersebut. Padahal, sejak awal, PAN Sultra diklaim hanya mendukung Hatta.

BACA JUGA: Kasus Budi Gunawan Dilimpahkan ke Kejaksaan Rawan Dihentikan

Kabar soal tidak solidnya suara dari PAN Sultra itu diakui Ketua PAN Buton, Umar Samiun. Usai melakukan kewajibannya memilih, Bupati Buton itu mengakui bahwa ada kader yang membelot ke kubu lain, selain di Hatta Rajasa.

“Setahu saya ada dua orang, siapa mereka, tidak usah saya sebut,” katanya sambil berlalu dari arena pemilihan seperti yang dilansir Kendari Pos (Grup JPNN.com), Selasa (3/3).

BACA JUGA: MUI: Sodomi Keji, Pelakunya Layak Dihukum Mati

Penjelasan lebih gamblang disampaikan Pls Ketua PAN Buton Tengah, Suwandi Andi. Ia mengatakan memang ada dinamikan di internal PAN Sultra di arena kongres, setelah masing-masing mendengar visi calon dan rencana jangka panjang soal partai.

Bagi Suwandi Andi, hal tersebut (perbedaan pilihan) biasa saja, dan ia yakin kekalahan Hatta Rajasa tidak akan berbias buruk terhadap PAN Sultra dimasa depan, di tangan Zulkifli Hasan sebagai Ketua DPP PAN.

BACA JUGA: Duo Bali Nine Sudah Diterbangkan ke Pulau Eksekusi

Ia memastikan, sebelum keberangkatan ke Bali, Ketua PAN Sultra, Nur Alam sudah menggariskan bahwa Hatta Rajasa harus jadi pilihan. Bukan hanya di Sultra, Nur Alam bahkan mengimbau beberapa daerah di Indonesia Timur untuk memilih Hatta. Hanya saja, perkembangan di arena kongres memang dinamis dan bila ada kader Sultra yang memilih Zulkifli, tidak ada masalah.

“Saya kira kita semua dengar, Zulkifli akan merangkul semua di PAN. Jadi tidak ada lagi perbedaan. Ini sudah selesai,” tandasnya.

Ketika didesak, berapa suara Sultra yang membelot ke Zulkifli, anggota DPRD Sultra itu menjawab diplomatis saja, bahwa itu semua hak pemilik suara. Apa termasuk Buton Tengah ikut memilih Zulkifli? Suwandi memilih tertawa. “Saya memilih kader PAN,” katanya lagi.
 
Beredar informasi, salah satu Ketua PAN yang memilih Zulkifli Hasan adalah Jainal ST, Ketua PAN Konsel. Selain itu, nama Kery Konggoasa, Ketua PAN Konawe. Kery yang dihubungi mengakui bahwa hati kecilnya memang tidak mendukung Hatta Rajasa, tapi karena arahan dari Ketua PAN Sultra, Nur Alam, ia harus ikut memilih. Apakah benar-benar di bilik suara dia tetap mencoblos Hatta, entahlah.

Sementara itu, Ketua PAN Kota Kendari, Ir. Asrun mengatakan bahwa kemenangan Zulkifli Hasan merupakan pertarungan yang adil. Saat ditanyakan apakah kemenangan Zulkifli Hasan akan berdampak terhadap PAN Sultra?. Dirinya mengatakan kemenangan Zulkifli Hasan tidak akan berdampak apa-apa.
"Siapapun yang menang itulah kader terbaik kita di PAN. Namun saya berharap kepada Ketum baru ini agar dapat mewujudkan visi dan misi yang telah dilontarkan sebelum kongres ini," harapnya.

Pantauan Kendari Pos di lapangan, banyak pendukung Hatta yang tidak bisa menahan sedih dan menangis. Mereka berpelukan sesama kader pendukung calon wakil presiden lalu itu.

Di tengah kerumunan pendukung Hatta terlihat Ketua DPW PAN Sultra, Gubernur Nur Alam dan Sekjendnya, Abduraman Saleh juga turut bersedih dengan kalahnya jagoan mereka dikongres ke IV PAN di Bali.

Saat akan dimintai keterangan, Nur Alam menolak untuk diwawancara. Begitu juga dengan Abdurahman Saleh.

Sementara itu hari terakhir Kongres PAN di Bali berdasar pantau Kendari Pos peserta Munas PAN berkurang. Pembukaan rapat komisi tadi pagi peserta yang hadir nampak tinggal setengah dari peserta saat pembukaan Kongres. Peserta yang hadir dalam rapat komisi tersebut adalah para pendukung Zulkifli Hasan. Sedangkan Hatta Rajasa dan pendukungnya tak nampak hadir.

Para elite PAN Sulawesi Tenggara juga tak nampak di arena Kongres PAN di Hotel The Wisten Nusa Dua Bali. Diketahui PAN Sultra mendukung penuh Hatta Rajasa sebgai incumbent calon Ketum PAN.

Tidak hadirnya Hatta Rajasa dan pendukungnya dihari ketiga Kongres PAN tidak dipermasalahkan oleh Ketum baru PAN, Zulkifli Hasan. Ia yakin ketidak hadiran tersebut bukan karena kekalahan Hatta dalam perebutan kursi Ketum PAN.

"Engga masalahkan. Mereka mungkin sedang beristirahat. Kemarin sampai malam padat, pasti mereka capek kan?," tutur Zulkifli saat ditemui diarea Kongres PAN. Hingga acara penutupan pukul 18.00 Wita, baik Hatta dan pendukungnya tak nampak di lokasi Kongres. (yog/awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Acara Mahasiswa RI di Australia Ikut Terganggu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler