Cerita Gus Jazil soal Dukungan PKB ke Anies di Pilgub Jakarta, Oalah

Senin, 12 Agustus 2024 – 20:12 WIB
Anggota Komisi III DPR RI sekaligus Waketum DPP PKB Jazilul Fawaid atau Gus Jazil di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (2/9). Aristo/JPNN

jpnn.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memberi sinyal bakal mengalihkan dukungan pada Pilkada Jakarta 2024 dari sebelumnya parpol berkelir hijau itu di tingkat provinsi mendukung Anies Baswedan.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid atau Gus Jazil menyebut DPW partainya di Jakarta awalnya lancar saja untuk mendukung Anies sebagai cagub provinsi berikon Monas.

BACA JUGA: Nasib Anies di Pilkada Jakarta setelah PKS Mau Berpaling

Arsip - Momen Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat menghadiri sidang putusan PHPU Presiden dan Wakil Presiden 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/4). Foto: Ricardo/JPNN

Belakangan, kata Gus Jazil, cuaca politik di PKB mengalami pergantian dalam mendukung Anies sebagai Cagub Jakarta 2024.

BACA JUGA: Anggota Dewan Pakar Partai Golkar Singgung Kemungkinan Airlangga Ditekan untuk Mundur

"Artinya, usulan dari DPW PKB DKI belum mulus. Awalnya, kan, mulus sekali, ternyata cuaca menunjukkan perubahan," kaya legislator Komisi III DPR RI itu ditanya awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/8).

Gus Jazil mengatakan perubahan cuaca itu belum bisa diartikan PKB menarik dukungan buat Anies pada Pilkada Jakarta 2024. "Bukan menarik dukungan," kata dia.

BACA JUGA: Setelah Airlangga, Jusuf Hamka juga Mundur dari Golkar, Ada Alasan Besar

Namun, katanya, PKB mempertimbangkan dinamika politik belakangan setelah elite partai bertemu petinggi Gerindra.

"PKB mempertimbangkan, dinamika-dinamika yang berkembang," kata Gus Jazil.

Menurutnya, PKB akan membawa nama Anies yang telah diusulkan DPW partai di Jakarta dalam rencana membentuk poros dengan Gerindra.

"Kalau PKB, kan, sudah jelas ada usulan dari DPW, kan, begitu. Ya, nanti kalau Gerindra sebutnya apa calonnya, ya, setahu saya Gerindra juga sudah punya calon, ya. Ya, tinggal dirembukkan saja," kata Gus Jazil.

Diketahui, Gerindra sebelumnya telah mengupayakan membentuk KIM Plus yang bakal mengusung eks Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau RK sebagai Cagub Jakarta 2024.

"Insyaallah di Kim Plus sudah muncul satu nama, yaitu Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI Jakarta," kata Ketua Harian Gerindra Sufmi Ahmad Dasco menjawab awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/8).

Diketahui, KIM adalah poros politik yang terdiri dari Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, hingga PBB untuk mengusung paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024 RI.

Namun, Dasco tidak bisa memerinci nama partai di luar KIM pada Pilpres 2024 RI yang akan menyusul mendukung RK untuk membentuk KIM Plus.

Wakil Ketua DPR RI itu hanya menyebut ada lebih dari satu partai di luar KIM pada Pilpres 2024 RI yang akan mendukung RK pada Pilgub Jakarta tahun ini.

"Plusnya lebih dari satu. Ya, nanti sehari atau dua hari, kan, ketahuan, kan, asal sinkronisasinya," ujar Dasco. (ast/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Doli Kurnia Ikut Mendampingi Airlangga, Dia Kaget


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler