Cerita Iga Swiatek, Cewek Penerima Rp 38 Miliar di US Open 2022

Minggu, 11 September 2022 – 13:01 WIB
Iga Swiatek. Foto: Simon Bruty/USTA

jpnn.com - NEW YORK CITY - Tunggal putri Polandia Iga Swiatek menjadi juara US Open 2022.

Pada laga final di Arthur Ashe Stadium, New York City, Minggu (11/9) pagi WIB, Iga menaklukkan petenis Tunisia Ons Jabeur 6-2, 7-6(5) dalam durasi satu jam 51 menit.

BACA JUGA: Juara Roland Garros 2022, Iga Swiatek Minta Coco Gauff Jangan Menangis Lagi

Iga si petenis nomor satu dunia itu kini telah mengoleksi tiga titel grand slam, yakni Roland Garros (2020, 2022) dan US Open tahun ini.

"Saya harus tetap tenang dan fokus pada tujuan. Ini New York, sangat keras, sangat gila. Ini benar-benar mengejutkan bagi saya. Saya bangga," kata Iga seperti dikutip dari WTA Tennis.

BACA JUGA: Cewek 19 Tahun Iga Swiatek Mengukir Rekor Manis di Roland Garros 2020


Iga Swiatek. Foto: Simon Bruty/USTA

Cewek kelahiran Warsaw berusia 21 tahun itu harus susah payah meladeni Ons, terutama di set kedua yang harus dilalui dengan tie break.

BACA JUGA: Final US Open 2022: Carlos Alcaraz & Casper Ruud Berebut Status Nomor 1 Dunia

Tahun lalu, Iga dianggap sebagai pemain yang hanya kuat di lapangan tanah liat.

Namun, dengan memenangi tiga kejuaraan WTA 1000 di lapangan keras di Doha, Indian Wells, dan Miami, Iga mengubah narasi itu.

Iga menjadi tunggal putri ketiga dalam 15 tahun terakhir yang memenangi beberapa kejuaraan di jenis lapangan yang berbeda dalam satu musim, bergabung dengan Serena Williams dan Justine Henin.

“Pada awal musim saya menyadari bahwa mungkin saya bisa mendapatkan hasil yang bagus. Saya mencapai semifinal Australian Open. Namun, saya sempat tidak yakin apakah saya berada di level yang benar untuk memenangi grand slam, terutama di US Open yang permukaannya (lapangan) begitu cepat," tuturnya.

Iga Swiatek telah memenangi sepuluh partai final terakhirnya dengan dua set langsung.

US Open 2022 merupakan gelar ketujuh Iga tahun ini. Dia adalah wanita pertama yang melakukan itu sejak Serena Williams pada 2014.

Iga adalah wanita termuda yang memenangi gelar ketiga grand slam, sejak Maria Sharapova (usia 20) pada 2008.

Iga menjadi pemain ke-9 yang memenangi gelar ketiga grand slam sebelum berusia 22 tahun. Sebelumnya ada Sharapova, Justine Henin, Serena Williams, Venus Williams, Martina Hingis, Monica Seles, Steffi Graf, dan Chris Evert.

Iga menjadi pemain pertama yang memenangi dua gelar grand slam dalam satu musim sejak Angelique Kerber pada 2016.

Setelah menerima cek pemenang US Open 2022 senilai USD 2,6 juta (setara Rp 38 miliar), Iga ditertawakan penonton di Arthur Ashe lantaran berkata, "Saya sangat senang bahwa ini tidak dalam bentuk tunai." (wta/jpnn)


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler