CGI Bekerja Sama dengan UPI Membangun Pendidikan Mandiri

Sabtu, 12 Juni 2021 – 15:19 WIB
Kerja sama antara PT CGI dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Pendidikan merupakan pilar utama yang harus didorong saat ini. Tidak hanya dari sisi pembelajarannya, tetapi perguruan tinggi juga harus mandiri mendapatkan general income.

Atas alasan itulah, PT Citra Garda Internusa (CGI) menjalin kerja sama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

BACA JUGA: PT CGI dan CMS Berkolaborasi Tingkatkan Kualitas Pendidikan Berbasis Kompetensi

"PT CGI sudah menandatangani kerja sama ini sejak November 2020, tetapi peresmiannya baru sekarang. Kami menyediakan satu lantai untuk UPI membuka kantor perwakilan Badan Usaha Milik Kampus (BUMK) di sini," ujar Perwakilan Direktur PT CGI Septono Karyadi dalam siaran pers, Sabtu (12/6).

Kerja sama dengan BUMK UPI yang berada di bawah naungan PT UPI Edun Indonesia tersebut dalam bidang jasa, di antaranya Bimtek, IT, konseling, FNB, dan konstruksi serta lainnya.

BACA JUGA: Soal Pajak Pendidikan, Prof Zainuddin Sampaikan Pernyataan Keras, Simak

"Kami memprakarsai untuk perwakilan berkantor satu induk, satu atap UPI di sini. Dari kerja sama jangka pendek, menengah hingga jangka panjang antara CGI dan UPI sudah mempunyai satu visi dan misi di beberapa bidang," lanjutnya.

Dengan kerja sama itu akan ada pelatihan-pelatihan untuk dosen-dosen tersertifikasi.

BACA JUGA: Pemerintah Bakal Kenakan PPN Terhadap Jasa Pendidikan, Begini Reaksi Ali Zamroni

Jangka panjang yang akan dilakukan adalah pembangunan gedung baru kampus UPI di Sumedang, Jawa Barat.

Persiapan pembangunan kampus baru UPI ini untuk olimpiade 2032 mendatang.

Investasi kerja sama tersebut bernilai Rp 10 triliun dan bila tidak ada halangan MoU akan dilanjutkan dengan kerja sama berikutnya, 20-25 tahun.

"Saya berharap agar kerja sama ini berjalan dengan sukses, langgeng, serta mendapatkan kepuasan tersendiri untuk masyarakat karena ini bidang jasa. Misalnya bidang IT masyarakat dapat merasakannya dengan puas. Begitu juga dengan bidang konselingnya," tutur Septono.

Hal senada diungkapkan Solehuddin, Rektor UPI, sekarang ini perguruan tinggi dituntut harus makin mandiri, tidak hanya di bidang akademik tetapi juga finansial.

Apalagi UPI termasuk PTNBH yang didorong oleh pemerintah untuk makin mandiri ke depannya termasuk dalam bidang penghasilan.

"Kerja sama ini saya mempunyai harapan. Pertama, semoga dapat mendukung income general dan dapat mendukung pembiayaan pendidikan perguruan tinggi," katanya.

Kedua, UPI mendukung kebijakan Menteri Pendidikan, kampus merdeka, merdeka belajar.

Oleh karena itu, menurutnya, mahasiswa harus didorong untuk magang termasuk juga dosennya.

"Yang jelas kerja sama ini tidak mengganggu proses belajar mengajar di UPI. Justru untuk meningkatkan dunia magang ke depannya," pungkas Solehuddin. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Komisi X: Negara Membiayai Pendidikan Rakyat, Bukan Malah Dipajaki


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler