Cine-Concert 'Samsara' Karya Garin Nugroho Pertama Kali Dipentaskan di Indonesia

Senin, 19 Agustus 2024 – 15:04 WIB
'Samsara', karya terbaru dari sutradara Garin Nugroho pertama kali dipentaskan di tanah air melalui acara Mega Festival Indonesia Bertutur 2024 di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Bali pada Jumat (16/8). Foto: Dokumentasi Kemendikbudristek

jpnn.com, NUSA DUA - Mega Festival Indonesia Bertutur 2024 yang diselenggarakan di tiga lokasi utama di Bali, yakni Batubulan, Ubud, dan Nusa Dua sejak 7 Agustus lalu telah mendekati penghujung rangkaian kegiatan.

Tahun ini, Indonesia Bertutur berupaya menggali dan melestarikan nilai nilai budaya yang telah diwariskan kepada bangsa ini dan menerjemahkannya ke dalam bentuk seni kontemporer yang lebih mudah dinikmati oleh masyarakat masa kini.

BACA JUGA: Festival Indonesia Bertutur 2024 Dibuka, Ingatkan Keseimbangan Alam & Keberlanjutan Budaya

Mengusung tema 'Subak: Harmoni dengan Pencipta, Alam, dan Sesama' Mega Festival Indonesia Bertutur 2024 yang dihadirkan di Pulau Peninsula, Nusa Dua mengandung berbagai nilai dan pengetahuan berharga melalui kehadiran berbagai karya pertunjukan, eksibisi dan temu dialog, instalasi cahaya, video mapping, konser musik, pertunjukan tari, cine-concert, hingga opera tutur.

Sejak dibuka pada 14 Agustus lalu, rangkaian acara Indonesia Bertutur di Pulau Peninsula, Nusa Dua menghadirkan tiga program utama yang dapat dinikmati masyarakat secara gratis hingga 18 Agustus.

BACA JUGA: Kemendikbudristek Hadirkan Ragam Eksotik Tradisi Budaya dan Kesenian Modern Bali

Tiga program utama tersebut:

1. Program Anarta merupakan program seni pertunjukan yang mementaskan karya besar seniman Indonesia dan mancanegara dari ranah seni tari, teater, musik, dan bentuk seni pertunjukan kontemporer lain di atas panggung dengan tatanan artistik modern.

BACA JUGA: Festival Payung Api, Sajikan Karya Kolaboratif dengan Perpaduan Tradisi & Seni

2. Program Kiranamaya merupakan program dengan karakter kontemporer yang khas, sebuah festival cahaya yang mencakup karya-karya visual baru, seperti seni instalasi cahaya dan video mapping, dengan memanfaatkan teknologi terkini dalam bidang rekayasa cahaya dan ruang.

3. Program Virama merupakan panggung pertunjukan musik populer dan merupakan kurasi dari kekayaan ragam musik ini di nusantara dan sekitarnya.

Di Indonesia Bertutur, Virama membawa kemeriahan bagi masyarakat luas, dilengkapi dengan bazar produk kuliner dan kerajinan tangan dalam negeri.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Ahmad Mahendra menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para penggiat, komunitas, dan pencinta seni yang telah terlibat dalam pelaksanaan Indonesia Bertutur 2024.

Menurut pejabat Kemendikbudristek itu, sejak pertama kali diadakan pada tahun 2022 di Candi Borobudur, Indonesia Bertutur telah menjadi wadah penting untuk mengekspresikan seni dan budaya Indonesia.

"Upaya kita bersama untuk terus memajukan dan memperkuat ekosistem budaya ini menjadi sangat penting," jelasnya.

Dia menyampaikan Mega Festival Indonesia Bertutur 2024 adalah momentum untuk kembali mengingatkan generasi muda tentang pentingnya harmonisasi antara manusia, spiritualitas, dan alam dengan cara memaknai masa lalu dan melihat relevansinya dengan kondisi saat ini agar dapat terus bertumbuh di masa depan.

'Samsara' Karya Epik Garin Nugroho

'Samsara', karya terbaru dari sutradara Garin Nugroho yang telah dipertunjukkan perdana di Esplanade Concert Hall, Singapura pada 10 Mei 2024 lalu, kembali ke rumahnya, Indonesia.

Untuk pertama kalinya hadir melalui Program Anarta, Indonesia Bertutur 2024 di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Bali pada 16 Agustus 2024.

'Samsara' merupakan sebuah film bisu hitam putih yang dibintangi aktor Ario Bayu dan penari keturunan Indonesia-Australia, Juliet Widyasari Burnett dengan iringan paduan musik gamelan Bali dan musik elektronik.

'Samsara' menampilkan banyak elemen pertunjukan tradisional Bali, seperti orkestra gamelan, tari tradisional, topeng, yang dipadukan dengan musik elektronik digital serta tari dan topeng kontemporer.

Paduan musik gamelan Bali digarap I Wayan Sudirana dan musik elektronik dari grup Gabber Modus Operandi, menciptakan pengalaman sinematik yang unik dan eksperimental.

Mengambil latar Bali tahun 1930-an, 'Samsara' bercerita tentang perjalanan seorang pria dari keluarga miskin yang melakukan perjanjian gaib demi mendapatkan kekayaan, namun justru membawa kutukan bagi keluarganya.

Sutradara 'Samsara' Garin Nugroho menjelaskan film ini menjadi contoh bagaimana budaya tradisional dapat dihidupkan kembali dalam konteks modern, mempertemukan seni masa lalu dengan inovasi masa kini.

"Samsara merupakan film bisu pertama di dunia yang bernuansa budaya dan tradisi Bali, dengan menggunakan paduan iringan musik elektronik dan gamelan Bali. Bagi saya ini merupakan eksperimen menarik, dan melalui bereksperimen artinya kita memaknai hidup yang terus melakukan perjalanan baru," ujar Garin Nugroho.

'Samsara' juga turut menampilkan seniman dan penari ternama Indonesia dan Bali, di antaranya Gus Bang Sada, Siko Setyanto, Maestro tari I Ketut Arini, Cok Sawitri, Aryani Willems, dan penari-penari dari Komunitas Bumi Bajra, Bali.

Setelah pertunjukan perdananya di Indonesia, karya 'Samsara' dijadwalkan akan menjalankan World Tour ke beberapa negara di dunia.

“Tentunya kami sangat bersyukur dengan dukungan yang diberikan pemerintah melalui Direktorat Perfilman Musik dan Media, sehingga karya 'Samsara' dapat dinikmati khalayak luas melalui panggung Indonesia Bertutur," ucap Garin.

Harapannya, lanjut Garin, nilai budaya yang terwujud dalam karya ini bisa menjadi pengingat akan kekayaan tradisi sekaligus memberikan pengalaman emosional yang mendalam dan refleksi baru bagi penontonnya.

Kemendikbudristek berharap Indonesia Bertutur 2024 dapat menginspirasi khalayak luas, khususnya generasi muda.

Setiap program dirancang untuk mengajak masyarakat mengeksplorasi beragam bentuk seni dan budaya dari hasil karya para seniman berbakat, termasuk Garin Nugroho.

"Kami berharap melalui rangkaian acara Indonesia Bertutur 2024, masyarakat dapat merasakan kedekatannya dengan kekayaan budaya Indonesia dan dapat menjadi inspirasi tidak hanya bagi penggiat dan penikmat
seni, tapi juga bagi masyarakat pada umumnya, terutama generasi muda, untuk lebih memahami dan memaknai warisan budaya kita untuk terus bertumbuh dan berkembang di masa depan,” pungkas Ahmad Mahendra. (mar1/jpnn)


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler