Cisadane Ngamuk, Rumah Hancur, 7 Warga Terseret Arus

Senin, 14 Maret 2016 – 10:50 WIB
Rumah warga di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, jebol diterjang bandang luapan Sungai Cisadane, Minggu (13/03/2016). FOTO : Kelik / Radar Bogor .

jpnn.com - BOGOR – Musim hujan kali ini benar-benar membawa bencana bagi Provinsi Jawa Barat. Longsor dan banjir terjadi di mana-mana, menggangu kehidupan warga.

Kemarin, Minggu (13/3), daerah Bogor tepatnya Kampung Limusnunggal, Desa Ciherang Pondok, Caringin disapu air bah dari Sungai Cisadane. Akibatnya, puluhan rumah rusak dan tujuh warga hanyut.

BACA JUGA: Berkas Pemalsu Akun Facebook Gubernur Segera Dilimpahkan

Peristiwa air bah Cisadane ini berawal dari ambrolnya salah satu pintu air sekitar pukul 09.45. Anak Cisadane, kali Cukangaleh pun meluap dan membanjiri rumah warga. Arus air juga sempat membawa hanyut tujuh warga yang saat itu tengah berada di sekitaran kampung. 

Beruntung, semua  warga hanyut berhasil segera diselamatkan. Meski tiga orang di antara mereka harus mendapat perawatan intensif di RSUD Ciawi. Sebagian besar dari mereka mengalami luka memar setelah terseret air bah sejauh 500 meter.

BACA JUGA: Kayu Pelapis Tangga Borobudur Bahayakan Pengunjung

“Ini akibat tanggul bendungan yang jebol yang tidak bisa menahan debit air yang besar. Dan kejadian ini sudah berulang, sekarang yang terbesar. Tentu hal ini akan kami informasikan kepada pihak pengembang,” jelas Kepala Desa Ciherang Pondok Aldi Wiharsa.

Camat Caringin Rumambi menjelaskan, semua unsur muspika langsung turun ke lapangan untuk melakukan aksi tanggap bencana. “Semuanya sudah kita evakuasi, termasuk korban yang terbawa banjir yang sebelumnya sempat di bawa ke RSUD Ciawi untuk di berikan penanganan dulu,” tuturnya. (nal/azi/dil/jpnn)

BACA JUGA: Kemenkumham Bekukan Partai Lokal di Papua

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketua DPRD Yang 11 Kali Nikah Itu Akan Dilaporkan ke DPP PDIP


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler