Citroen C4 dan C4 X Hadir dengan Desain Baru & Elegan di Paris Motor Show 2024

Kamis, 17 Oktober 2024 – 16:24 WIB
Citroen memperbarui lini produk sedan segmen C-nya dengan meluncurkan Citroen C4 dan C4 X terbaru secara global di Paris Motor Show 2024. Foto: Dokumentasi Citroen

jpnn.com, JAKARTA - Citroen menyambut era baru di segmen sedan compact dengan meluncurkan Citroen C4 dan Citroen C4 X di Paris Motor Show 2024.

Citroen memperbarui lini produk sedan segmen C-nya dengan meluncurkan Citroen C4 dan C4 X terbaru secara global di Paris Motor Show 2024.

BACA JUGA: Citroen Segarkan Model Ami Terbarunya dan Perkenalkan Versi Konsepnya di Paris Motor Show

Citroen C4 dan C4 X terbaru akan hadir di dealer pada awal 2025.

Kedua model tersebut menghadirkan kenyamanan, desain elegan, dan teknologi inovatif dengan menawarkan pengalaman berkendara yang berbeda.

BACA JUGA: Citroen Ami Hadir dengan Desain Baru, Diproduksi Tahun Depan

Citroen C4 dan Citroen C4 X dengan berbagai fitur-fitur modern siap memenuhi kebutuhan pelanggan di Eropa dan pasar internasional.

Diluncurkan pada akhir 2020, Citroen C4 merupakan produk kedua terlaris di kategori sedan segmen-C di pasar Eropa pada paruh pertama 2024.

BACA JUGA: Perluas Jangkauan, Citroen Resmikan Dealer Berstandar 3S di Bandung

Kini, Citroen C4 dan Citroen C4 X terbaru hadir dengan transformasi signifikan dan berbagai keunggulan, sambil tetap mempertahankan kenyamanan dan kelapangan kabin yang menjadi ciri khasnya. 

Citroen C4 dan C4 X memberikan pilihan mobil yang ramah lingkungan dengan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan desain berkelas.

Evolusi Desain

Citroen C4 dan C4 X menghadirkan konsep yang berbeda di segmennya dengan menampilkan perpaduan yang memikat dari berbagai sisi.

  • Citroen C4 memadukan dinamika sedan bergaya coupe dengan mengadopsi sentuhan gaya khas SUV.
  • Citroen C4 X menggabungkan keanggunan dan keluwesan sebuah mobil bergaya fastback dengan sedan 4 pintu yang lapang dan ciri khas SUV yang berani.

Citroen C4 dan C4 X mewakili bahasa desain yang lebih berani, sebuah pengembangan dari gaya khas yang telah menjadi jati diri Citroen. 

Wajah baru C4 dan C4 X kini semakin modern dengan logo Citroen terbaru yang elegan dan terintegrasi pada gril depan. 

Lampu depan kini lebih tajam dengan teknologi LED, menambah kesan modern dan dinamis. 

Velg AMBER 18 inci yang baru juga disematkan dengan memperhatikan gaya dan fungsi dengan desain berbentuk berlian yang meningkatkan aerodinamika dan efisiensi berkendara. 

Pelindung samping yang diperbarui memberikan kesan lebih ramping dan memperpanjang siluet mobil, sehingga memperkuat sebuah karakter kendaraan yang unik.

Desain bagian belakang Citroen C4 telah disederhanakan dengan merapatkan jarak antara pilar-C dan lampu belakang guna meningkatkan aerodinamika saat berkendara. 

Citroen C4 dan C4 X terbaru kini hadir dengan dua warna baru: Manhattan Green dan Mercury Grey, yang melengkapi pilihan warna yang sudah ada, yakni Eclipse Blue, Elixir Red, Okenite White, dan Perla Nera Black

Opsi warna two-tone dengan atap warna hitam juga tersedia untuk tampilan lebih dinamis dan prestisius.

Direktur Desain Citroen Pierre Leclerc menyebut Citroen C4 dan C4 X terbaru menampilkan desain yang tajam dan modern dengan lampu depan LED dan lampu belakang yang tegas. 

"Elemen-elemen desain ini mencerminkan komitmen kami untuk selalu menghadirkan lini produk yang inovatif sejalan dengan semangat dan karakter Citroen,” ujar Pierre Leclerc.

Suspensi dan Jok Citroen Advanced Comfort

Komitmen Citroen terhadap kenyamanan dan kepraktisan juga tercermin di interior Citroen C4 dan C4 X terbaru. 

Kabin didesain ulang untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang tenang dengan peredaman suara yang ditingkatkan untuk mengurangi kebisingan jalan dan getaran seperti berada di dalam kepompong. 

Kedua model ini dilengkapi dengan kursi dan suspensi Citroen Advanced Comfort yang telah dioptimalkan untuk memastikan perjalanan jauh tetap nyaman bagi pengemudi dan penumpang.

Generasi terbaru dari sistem hiburan dan teknologi keselamatan yang lebih canggih.

Citroen C4 dan C4 X dilengkapi dengan dashboard modern yang menampilkan instrument cluster 7 inci beresolusi tinggi di belakang kemudi, terhubung dengan sistem navigasi 3D online yang selalu menyajikan informasi lalu lintas terkini.

Pembaharuan ini meningkatkan kualitas pengalaman on-board dengan tampilan yang jelas dan intuitif. 

Model ini juga menawarkan sistem hiburan canggih dengan pilihan menu yang dapat disesuaikan pada layar berukuran 10 inci, turut dilengkapi sistem widget untuk akses mudah ke ragam aplikasi. 

Pengenal suara alami pada Citroen C4 dan C4 X memungkinkan pengguna berinteraksi dengan mudah melalui perintah 'Hello Citroen' untuk mengaktifkan asisten digital, yang kini semakin disempurnakan dengan integrasi ChatGPT dari OpenAI.

Citroen C4 dan C4 X memiliki teknologi keselamatan yang unggul dengan 20 fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) untuk menjaga keselamatan selama di perjalanan. 

Fitur utamanya terdiri dari Active Safety Brake, Collision Risk Alert, Highway Driver Assist, dan Adaptive Cruise Control dengan fitur Stop & Go

Sedangkan fitur tambahan terdiri dari blind spot monitoring, lane departure warning, coffee break alerts, automatic high beams, dan peringatan tanda batas kecepatan. 

Untuk memudahkan manuver, Citroen C4 dan C4 X dilengkapi kamera mundur dengan Top Rear Vision yang memberikan pandangan 180 derajat, dan Vision 360 yang menawarkan tampilan panoramik real-time untuk membantu pengguna parkir atau bergerak pada kecepatan rendah.

Kabin yang Lapang

Citroen C4 terbaru menyajikan sebuah sedan compact yang serbaguna dengan dimensi yang praktis dan interior yang luas. 

Mobil ini memiliki jarak sumbu roda 2.670 mm, memberikan ruang kaki yang lapang dan terluas di kelasnya. 

Untuk meningkatkan utilitas, bagasi berkapasitas 380 liter hadir dengan dilengkapi bukaan yang rendah dan rata serta sisi lurus untuk penggunaan optimal, serta pengaturan yang fleksibel untuk memperluas volume menjadi 1.250 liter saat kursi belakang dilipat. 

Sementara itu, Citroen C4 X menggabungkan desain yang elegan dan fungsional tanpa mengorbankan kenyamanan. 

Citroen C4 X dengan kapasitas bagasi 510 liter  cocok untuk memenuhi berbagai aktivitas penggunanya.

Ragam Pilihan Mesin yang Disesuaikan dengan Kebutuhan

Di Eropa, Citroen menawarkan solusi elektrifikasi yang terjangkau Teknologi hybrid 48V: simpel, serbaguna dan hemat bahan bakar.

Citroen menghadirkan dua pilihan mesin hybrid untuk Citroen C4 dan C4 X, yakni Hybrid 136 dan Hybrid 100. 

Teknologi ini dapat meningkatkan efisiensi secara signifikan dengan mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 hingga 20 persen. 

Sangat menguntungkan bagi pengemudi di perkotaan, karena mobil ini dapat beroperasi dalam mode listrik hingga separuh perjalanan untuk mengurangi jejak karbon dan efisiensi bahan bakar.

Hybrid 136 dilengkapi dengan mesin tiga silinder 1.199 cc yang menghasilkan tenaga 136 bhp dan torsi 230 Nm. 

Dioptimalkan dengan turbocharger geometri variabel, sistem ini memberikan performa yang andal dan memenuhi standar Euro 6.4. 

Hybrid 136 juga memiliki motor listrik 21 kW yang mendukung akselerasi pada kecepatan rendah serta mengisi ulang baterai saat pengereman. 

Sementara itu, Hybrid 100 hadir dengan mesin bensin supercharged 1,2 liter bertenaga 100 hp yang terdiri dari 40 persen komponen baru untuk kinerja mesin yang lebih optimal.

Mobil Listrik yang Terkalibrasi dengan Sempurna

Citroen juga menawarkan rangkaian produk EV-nya, yaitu model Citroen e-C4 dan e-C4X terbaru, yang dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang nyaman tanpa emisi karbon, tanpa suara dan getaran.  

Kedua model ini menawarkan performa halus dengan torsi instan dan fitur yang dapat dipersonalisasi untuk kenyamanan pengendara. 

Perbedaan utama antara Citroen e-C4 dan e-C4 X terletak pada jarak tempuh yang didesain untuk kebutuhan yang berbeda. 

Versi pertama menawarkan jarak tempuh hingga 420 km dengan baterai 54 kWh dan motor 115 kW, sementara versi kedua memiliki jarak tempuh hingga 360 km dengan baterai 50 kWh dan daya 100 kW. 

Keduanya mendukung pengisian daya cepat 100 kW—mencapai 80 persen pengisian dalam waktu kurang dari 30 menit—memastikan mobil siap dikendarai untuk perjalanan berikutnya.

Teknologi V2L atau Vehicle-to-Load (V2L) memungkinkan Citroen e-C4 dan e-C4 X terbaru untuk menyuplai listrik ke perangkat eksternal, mengubah mobil menjadi sumber daya listrik secara portable

Pengguna dapat menghubungkan perangkat mereka ke soket khusus, yang akan tersedia sebagai aksesori pada paruh pertama 2025. 

Fitur ini ideal untuk aktivitas luar ruangan atau saat bepergian, memungkinkan pengguna untuk menyalakan perangkat seperti laptop, sepeda listrik, atau kulkas kecil selama piknik atau saat terjadi pemadaman listrik.

Citroen e-ROUTES: Rencanakan Perjalanan Tanpa Hambatan

Aplikasi Citroen e-ROUTES berfungsi sebagai asisten pribadi yang membantu pengemudi kendaraan listrik untuk terhubung ke mobilnya. 

Aplikasi ini mengoptimalkan perjalanan secara real-time dengan mengakses data kendaraan, kondisi lalu lintas, dan status stasiun pengisian daya, serta memberikan rute alternatif sesuai kebutuhan. 

Selain mengoptimalkan waktu perjalanan, aplikasi ini juga menyediakan informasi mengenai lokasi stasiun pengisian daya, sehingga membantu pengemudi mencari stasiun pengisian daya terdekat. 

Pada 2025, fitur ini akan diintegrasikan langsung ke dalam sistem infotainment mobil. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler