Cobalah Tips Mudah ini untuk Tingkatkan Memori Anda

Kamis, 01 September 2016 – 19:15 WIB
Ilustrasi. Foto dok healthycare

jpnn.com - MENINGKATKAN daya ingat atau konsentrasi, sangatlah penting, terutama saat masih muda.

Daya ingat setiap orang berbeda antara satu dengan yang lain, ada yang cepat dalam menangkap, memahami dan mengingat sesuatu yang dilihat ataupun didengarnya.

BACA JUGA: Ternyata Ini Manfaat Pokemon Go untuk Kesehatan

Ada pula jenis otak yang lambat. Bisa jadi kesulitan mengingat itu karena adanya gangguan pada otak, seperti Alzheimer atau Demensia.

Ada beberapa solusi untuk membantu Anda menambah kemampuan otak untuk mengingat, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Rabu (31/8).

BACA JUGA: Posisi Tidur ini, Bisa Meredakan Sakit Punggung

1. Tidur.

Salah satu cara yang paling efektif untuk memperkuat memori adalah dengan meningkatkan kualitas dan durasi tidur Anda. Para peneliti di University of Pennsylvania menemukan bahwa, kehilangan tiga atau empat jam tidur dalam satu malam bisa sangat merugikan memori Anda.

BACA JUGA: Ibu-Ibu… Ini Caranya Kurangi Gula pada Anak

Delapan jam tidur mengubah kenangan baru ke ingatan jangka panjang, tanpa tidur, Anda mungkin tidak bisa mengingat detail di tempat kerja yang bisa membantu tampil di pertemuan berikutnya atau dengan laporan berikutnya.

2. Makan makanan yang tepat.

Untuk membantu menjaga memori setajam mungkin, perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, perhatikan pula makanan yang harus ditambah dalam diet Anda.

Sayuran segar dan lemak sehat mutlak diperlukan untuk kesehatan otak dan Anda harus menghindari mengonsumsi gula halus dan karbohidrat gandum seminimum mungkin.

Meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dengan mengonsumsi lebih banyak ikan, seperti salmon dan tuna segar, akan mempertahankan fungsi otak yang sehat.

Selain itu, seledri, brokoli, kembang kol dan kenari, semuanya mengandung antioksidan, yang bisa membantu merangsang produksi sel-sel otak baru.

Kari adalah makanan untuk kesehatan otak. Kunyit, bumbu utama dalam kari, mengandung antioksidan anti-inflamasi, yang telah terbukti untuk meningkatkan memori.

3. Olahraga secara teratur.

Anda mungkin tidak menyadari bahwa latihan fisik sangat baik untuk meningkatkan kemampuan memori otak. Latihan fisik membuat otak Anda tajam karena meningkatnya aliran darah melalui tubuh.

Ketika Anda berolahraga, otak melepaskan norepinephrine, bahan kimia yang sangat memengaruhi memori Anda.

Untuk menuai manfaat fisik dan mental dari latihan, kebanyakan orang dewasa yang sehat harus mendapatkan sekitar 150 menit aktivitas aerobik moderat per minggu atau 75 menit aktivitas aerobik yang lebih intens per minggu.

Manfaat lain menambahkan latihan adalah, sifat menghilangkan stres, yang bisa melakukan keajaiban bagi otak.

4. Olahraga otak.

Bermain game dirancang untuk menantang otak yang bisa membantu Anda mempertahankan kenangan. Pada saat Anda mencapai usia dewasa, otak akan akrab dengan tugas-tugas sehari-hari.

5. Bergaul dengan teman-teman Anda.

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan memori adalah tetap aktif secara sosial dan berkontribusi percakapan dalam kelompok. (fny/chi/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Makanan Mentah ini Baik untuk Kesehatan Kulit Anda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler