Command Center BP2MI Karya Benny Rhamdani Diapresiasi Mahfud MD

Senin, 19 Juni 2023 – 18:23 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD (kanan) merasa takjub melihat perubahan Command Center BP2MI yang dipimpin Benny Rhamdani (kiri). Foto: Dok BP2MI

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD merasa takjub melihat perubahan Command Center Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

"Sangat baik, luar biasa banyak perubahan di bawah kendali Pak Benny Rhamdani," kata Mahfud dalam kunjungannya ke kantor BP2MI, di Pancoran, Jakarta, Senin (19/6).

BACA JUGA: Tindak Lanjuti Aduan Pekerja Migran Indonesia Penempatan Hongkong, Kepala BP2MI Tegur 24 P3MI

Command Center merupakan salah satu produk BP2MI Yang dibangun sebagai wujud realisasi salah satu dari 9 program prioritas BP2MI untuk memodernisasi sistem menuju satu kesatuan data tunggal (big single data).

Command Center menjadi pusat kendali data dan informasi PMI yang akurat dan terpercaya.

BACA JUGA: DPR RI Setuju Penambahan Pagu Anggaran BP2MI 2024, Kemenkeu Bilang Begini

Menurut Mahfud, teknologi informasi yang digunakan BP2MI merupakan kemajuan yang luar biasa.

Dia mengatakan pelaku kejahatan Tindak Pidana Perdagangan Orang atau TPPO bisa diminimalisir dengan adanya big singele data BP2MI.

"Sudah ada kemajuan luar biasa dari sudut teknologi karena sekarang kan teknologi informasi yang digunakan bisa diimbangi sekarang dengan pelaku kejahatan dengan sistem teknologi yang dipakai BP2MI," ujarnya.

Eks Ketua MK itu menilai dalam big singele data yang digunakan oleh BP2MI bisa memonitor semua pergerakan PMI yang ada di luar negeri.

"Pergerakan bukan setiap hari, tapi setiap menit bisa dimonitor, misalnya ada kejadian di Suadi Arabia terjadi sekarang untuk sekian orang bisa dilihat dari sini, ini kemampuan yang luar biasa," ucap Mahfud MD.

Dia pun mengimbau kepada semua pihak ataupun instrumen negara untuk bersinergi dalam memberantas kejahatan TPPO dengan modus dipekerjakan ke luar negeri.

Mahfud mengatakan, apa yang dilakukan BP2MI merupakan wujud nyata dalam melindungi anak bangsa dari perdagangan orang ke luar negeri.

Hal tersebut juga merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Tinggal kita yang bersinergi karena sebenarnya Pak Benny Rhamdani punya sudah sejak lama, tapi respon dari aparat baru beberapa minggu terakhir ini, tapi sekarang aparat baru merespon positif dan masif," ujarnya.

Mahfud berharap apa yang dilakukan BP2MI dalam memberikan pelindungan kepada PMI maupun pencegahan PMI ilegal bagian dari kejahatan TPPO perlu ditingkatkan lagi.

"BP2MI ini sekarang sedang memerangi tikus-tikus yang sedang menggerogoti kabel-kabel pembangunan kita, tetapi kalau kita punya sistem yang baik tikusnya mudah ditangkapi," tutur Mahfud MD.(mcr10/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Mahfud MD   BP2MI   Benny Rhamdani   PMI   TPPO  

Terpopuler