Conte: Timnas Italia Terancam Terpuruk Sebab Kekurangan Bakat

Sabtu, 11 Juli 2015 – 01:56 WIB
Antonio Conte

jpnn.com - ROMA -  Sehari setelah FIFA merilis ranking sepak bola terbaru, pelatih timnas Italia Antonio Conte mengungkapkan kekhawatirannya atas masa depan Gli Azzurri. Conte secara terang-terangan mengingatkan bahwa Italia akan sulit bermain kompetitif di masa depan jika para pemain asing tetap mendominasi di klub-klub Serie A. 

Dalam rilis terbarunya, FIFA menempatkan Italia di peringkat 17. Itu adalah peringkat terendah yang pernah diduduki Gli Azzurri sejak sistem ranking diperkenalkan oleh FIFA. Dalam peringkat itu, Gianluigi Buffon dan kawan-kawan berada di bawah tim-tim lain seperti Slovakia, Kroasia, Cile bahkan Wales. Conte tak bisa menyembunyikan kekhawatirannya atas fakta tersebut. 

BACA JUGA: Setelah Kalahkan Kuba, El Tri Diminta Tak Boleh Lengah

Eks pelatih Juventus ini kemudian menjelaskan situasi yang dihadapi sepak bola Italia sekarang. Menurutnya, timnas Italia terancam terpuruk di masa depan karena kekurangan bakat-bakat muda. Itu dipicu oleh kebijakan klub-klub Serie A yang lebih suka membeli dan memainkan pemain-pemain asing. 

"Kekhawatiran saya menjelang kualifikasi Piala Dunia 2022 adalah betapa segalanya sudah sangat berubah sejak terakhir kami menjuarai Piala Dunia 2006," ungkap Conte seperti dilansir Football Italia. 

BACA JUGA: Gaji Pemain Menunggak Dua Bulan, Keluarga Bakrie Akhirnya Jual Klub Brisbane Roar

"Saat itu," lanjut Conte, "pelatih timnas punya kemungkinan memilih 61 atau 62 pemain timnas dari sekitar 100 pemain yang ada. Sekarang, jumlahnya merosot drastis. Kami hanya punya kemungkinan memilih 33 dari 100 pemain yang ada. Inilah masalah sebenarnya dan bahaya terbesar yang kami hadapi sekarang. Sangat sulit bagi Italia untuk kompetitif jika kami hanya bisa memilih 33 persen dari seluruh pemain yang ada. Hal itu artinya ada problem dan kami harus membalikkan trend itu," jelas Conte. 

Salah satu pos yang paling dikhawatirkan adalah posisi penyerang. Saat ini, timnas Italia menurut Conte tak memiliki banyak pilihan di lini depan. Untuk mengatasi itu, salah satu strategi yang diambil Conte adalah dengan memanggil pemain-pemain Oriundi.

BACA JUGA: Djokovic Mantap Melangkah ke Final

Oriundi merujuk kepada para pemain yang bukan kelahiran Italia. Namun mereka punya kewarganegaraan Italia atau punya darah Italia.Terdapat setidaknya dua pemain oriundi yang dipanggil Conte memperkuat timnas Italia. Mereka adalah Eder dan Franco Vazquez yang lahir di Argentina namun membela timnas Italia. (ish)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemain Terlibat Sepakbola Gajah Dilarang, Jadi Penghalang PSIS Ikut Piala Kemerdekaan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler