Cossu, Pemain ke-24 Italia

Senin, 07 Juni 2010 – 05:13 WIB
LATIHAN - Andrea Cossu (kiri) dan Simone Pepe, dalam salah satu sesi latihan tim Azzurri, awal Maret lalu. Foto: Giuseppe Bellini/Getty Images.
ROMA - Ada wajah yang kurang familiar dalam starter Italia yang diturunkan dalam laga melawan Swiss, dinihari kemarinDia adalah Andrea Cossu, yang bermain sebagai penyerang sayap kanan

BACA JUGA: Dari Volunteer Hingga Tim Kontestan

Keberadaan dia cukup mengherankan, sebab pemain Cagliari berusia 30 tahun itu tidak masuk dalam skuad resmi Italia yang sudah didaftarkan ke FIFA pada 1 Juni lalu.

Pelatih Italia, Marcello Lippi, menegaskan bahwa Cossu bakal dibawa ke Afsel sebagai pemain ke-24
Dia menjadi cadangan untuk Andrea Pirlo

BACA JUGA: Giliran Didier Drogba Terancam Absen

Vonis sementara, Pirlo dipastikan absen dalam laga perdana Italia melawan Paraguay, 14 Juni mendatang
Jika sampai 13 Juni nasib Pirlo belum jelas, Cossu bisa dimasukkan sebagai bagian dari skuad resmi.

"Andrea (Pirlo) akan ikut ke Afsel bersama tim

BACA JUGA: Misi Tuntas, Robben Bikin Waswas

Kami berusaha keras agar dia bisa saya mainkan di pertandingan ketiga atau keempat," jelas Lippi, seperti dikutip Telegraph.

Selain Pirlo, Italia juga menghadapi ancaman cedera lainKondisi lutut Mauro Camoranesi memburuk, begitu juga Claudio Marchisio (betis) dan Angelo Palombo (lutut)Namun, Lippi hanya membawa Cossu sebagai pengganti yang bisa difungsikan di beberapa posisi sekaligus, baik sebagai gelandang serang, winger, maupun penyerang murni.

"Hanya Cossu yang saya bawa sebagai pemain ke-24Dia sudah cukup bisa menggantikan peran beberapa pemainDia serba guna," puji Lippi.

Performa Cossu sebenarnya tidak terlalu istimewaPerannya sebagai penyerang sayap kanan sering bentrok dengan Riccardo Montolivo, yang mengisi posisi Andrea PirloKoordinasi dan pembagian tugas yang buruk antara kedua pemain itu membuat area yang harus dikuasai tidak jelas.

Namun, Lippi mengaku tidak menyesalMenurut mantan allenatore Juventus itu, wajar kalau mereka belum solid saat melawan SwissBagaimanapun juga, itu adalah debut mereka bermain bersamaLippi yakin, setelah melalui beberapa sesi latihan lagi, soliditas timnya terutama di sektor tengah, akan mulai terbangun.

"Penampilan mereka hari ini cukup memberi semangat dan konfidensi," ucap Lippi"Di Afsel nanti, kami akan melanjutkan program latihanSelain kekompakan pemain, tentu kami berusaha mendapatkan kembali kecepatan dan akurasi tembakan pemainAnda akan lihat, pada 14 Juni, kami akan siap," yakin Lippi.

Bukan hanya Italia yang menghadapi ancaman cedera jelang kickoff PDSwiss sendiri juga sedang waswasGelandang sayap Valon Behrami tepatnya, tampak harus ditarik di menit ke-57 gara-gara masalah ototTapi, pelatih Swiss Ottmar Hitzfeld menegaskan bahwa masalah yang dihadapi Behrami tidak terlalu serius.

"Saya memang berharap cederanya tidak terlalu parahSebenarnya dia ingin terus dimainkanTapi, dokter yang meminta dia keluar," papar Hitzfeld"Jadi, itu hanya langkah pencegahan," imbuhnya(na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kontestan Berdatangan, Tim Favorit jadi Perhatian


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler