Cukup Lewati Satu Prosedur untuk Pencairan Bantuan ke NTB

Jumat, 19 Oktober 2018 – 13:33 WIB
Presiden Joko Widodo bersama korban gempa Lombok, NTB. Foto: Setpres

jpnn.com, LOMBOK - Presiden Joko Widodo langsung memimpin rapat mengenai perkembangan proses rehabilitasi dan rekonstruksi di Lombok, Nusa Tenggara Barat pascagempa.

Rapat tersebut berlangsung setelah Jokowi - sapaan Joko Widodo, tiba di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Kabupaten Lombok Tengah, Kamis (18/10).

BACA JUGA: Sentilan Jokowi Belum Tentu Tuntaskan Masalah BPJS Kesehatan

Presiden juga ingin mendengar langsung mengenai permasalahan pencairan bantuan dana pemerintah untuk masyarakat yang dilaporkan terkendala prosedur birokrasi yang rumit dan berbelit.

Sebelumnya, presiden telah memerintahkan prosedur pencairan dana bantuan di NTB dipangkas supaya masyarakat bisa segera menerimanya untuk membangun kembali rumah mereka yang mengalami kerusakan.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Sentil Dirut BPJS Kesehatan di Kongres Persi

"Sudah kita putuskan bahwa dari 17 prosedur yang sebelumnya diberikan, itu menurut saya sangat rumit dan berbelit, kemarin diputuskan kita pangkas hanya 1 prosedur tanpa mengurangi akuntabilitas," kata Jokowi usai rapat tersebut.

Dalam rapat itu, Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana juga mendengarkan pemaparan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, terkait perkembangan tahap rehabilitasi yang saat ini sedang berjalan di Lombok.

BACA JUGA: Presiden Minta Pencairan Bantuan Bencana jangan Dipersulit

Basuki menjelaskan soal perbaikan fasilitas umum yang kini sudah banyak yang diselesaikan. Baik rumah sakit dan puskesmas. Saat ini, perbaikan sekolah, rumah ibadah, hingga rumah warga sedang berjalan.

"Tadi yang sudah disampaikan oleh Pak Menteri PU, untuk fasilitas umum sudah banyak yang selesai. Saya kira ini yang perlu diketahui," ujar Presiden selepas pertemuan.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, dalam kunjungan kali ini dia ingin memastikan bantuan dana pemerintah betul-betul dapat dengan mudah dicairkan dengan diterima oleh masyarakat, setelah prosedurnya disederhanakan.

"Sekarang saya mau melihat setelah prosedur dijadikan satu, apakah masih ruwet atau tidak. Tadi Pak Gubernur dan Ibu Wakil Gubernur menyampaikan sudah mulai cair ada 5.000. Nanti akan tambah lagi," ungkapnya.

Hadir mendampingi Jokowi pada kesempatan ini, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah, dan Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar, Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid, Walikota Mataram Ahyar Abduh, dan Wakil Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri.(fat/jpnn

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gubernur NTB Pastikan Proses Pencairan Bantuan Tuntas 2 Hari


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler