Curi Kabel PLN dan Buat Listrik Warga Padam, Dapat Hadiah Tembakan Peluru di Kaki

Kamis, 08 Oktober 2020 – 06:17 WIB
Dua pelaku curat spesialis kabel PLN ditembak.Foto: ngopibareng/ist

jpnn.com, KEDIRI - Polisi terpaksa memberikan tindakan tegas dan terukur kepada tersangka Eko Sunaryo (30) dan Septian Budi Prabowo (34) warga Desa Dukuh Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri.

Keduanya adalah pelaku specialis pencurian pemberatan kabel PLN. Dua pria ini terpaksa ditembak kakinya karena berupaya memberikan perlawanan saat ditangkap.

BACA JUGA: Pengumuman, Ada Kabar Baik dari PLN! Silakan Nikmati

Kasat Reskrim Polres Kediri AKP Gilang Akbar mengatakan kejadian tersebut terjadi pada Sabtu 27 September 2020, sekitar pukul 03.00 WIB.

Saat itu, listrik PLN dalam keadaan padam, dan pada pukul 09.00 WIB, PLN mendapat laporan dari warga jika listrik di daerah Desa Banjarejo Kecamatan Ngadiluwih dalam keadaan padam.

BACA JUGA: Waspada! Ini Modus Pelaku Curat di Jakarta yang Sudah Beraksi 15 Kali

"Pada saat petugas dari PLN memeriksa lokasi dan menemukan kabel Pudeng Line B sudah dalam keadaan terputus," ucap AKP Gilang.

Karena kejadian ini pihak PT. PLN lantas melapor ke Polres Kediri guna proses lebih lanjut. Satreskrim Polres Kediri segera menindaklanjuti laporan itu dengan mendatangi langsung ke TKP. 

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Apakah Ini 7 Hal Mengerikan di UU Ciptaker? Azis Tepis Hoaks, Jokowi Bawa Oligarki

Dari serangkaian penyelidikan dan pemeriksaan para saksi, kecurigaan petugas langsung mengarah kepada kedua tersangka. Lantas, pada Selasa 6 Oktober 2020, sekitar pukul 14.00 WIB, petugas berhasil menangkap kedua tersangka di tempat berbeda.

Namun, pada saat dilakukan penangkapan, keduanya memberikan perlawanan dan berusaha melarikan diri sehingga dilakukan tindakan tegas terukur oleh petugas. "Saat diamankan kedua tersangka berusaha kabur dan melakukan perlawanan. Akhirnya kami melakukan tindakan tegas dan terukur terhadap kedua tersangka," jelas AKP Gilang.

Dari hasil pemeriksaan, keduanya mengakui telah melakukan kejahatan tersebut di beberapa tempat kejadian perkara (TKP), baik wilayah Kabupaten maupun Kota Kediri.

Lokasi pencurian di wilayah Kabupaten Kediri terjadi di Gardu PLN Tegalan, Gardu PLN Selosari, Gardu PLN Ngletih Kecamatan Kandat, Gardu PLN Pojok Ngletih Kecamatan Wates, dan Gardu PLN Selomanen Kecamatan Ngadiluwih, serta Gardu PLN SD Jambean Kecamatan Kras namun masih sekadar percobaan.

Sedangkan di wilayah Kota Kediri di Gardu PLN Grogol Singonegaran, Gardu PLN Doko Harmony masih percobaan pencurian, Gardu PLN Manisrenggo, Gardu PLN Perum Griya Ngronggo, Kabel CVT Perum Dhoho Harmony, dan Gardu PLN Mojo.

Dari tangan pelaku petugas berhasil mengamankan barang bukti dua buah gergaji besi, satu buah palu martil, satu buah tang, satu buah kunci inggris besar, satu buah kunci inggris kecil, satu buah kunci pas ukuran 11.

Selain itu, petugas juga menyita satu buah cutter warna merah, dua buah penutup kabel sambungan, enam buah pengunci kabel, satu ikat kulit kabel warna warni, satu ikat kulit kabel warna hitam, dua unit sepeda motor yang digunakan oleh pelaku. (ngopibareng/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler