Daerah Paling Jujur UN Bakal Diganjar Penghargaan dari Presiden

Selasa, 19 Mei 2015 – 05:12 WIB
Mendikbud Anies Baswedan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bakal memberikan reward bagi daerah yang indeks integritas ujian nasional (IIUN) tinggi. Rencananya reward tersebut akan diserahkan langsung Presiden Joko Widodo.

"Sesuai janji kami, para kepala daerah, kepala sekolah yang indeks integritas UN-nya tinggi akan dipanggil ke Jakarta. Kami sudah mengajukan permohonan agar Presiden yang memberikan penghargaannya," terang Kabalitbang Kemdikbud Furqon dalam jumpa pers di kantornya, Senin (18/5).

BACA JUGA: Pakai US, SD Tak Kenal UN Lagi

Sedangkan bagi daerah yang IIUN-nya rendah, menurut Furqon belum diberikan sanksi. Hanya kepada kepala daerah diminta meningkat mutu pendidikan di daerahnya agar anak didiknya bisa bersaing dengan lainnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak tujuh provinsi mendapat indeks integritas tertinggi dalam pelaksanaan UN SMA/sederajat tahun 2015. Peringkat pertama indeks integritas tertinggi diperoleh DI Yogyakarta, kemudian peringkat kedua dan selanjutnya secara berurutan diraih Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Bengkulu, Kepulauan Riau, Gorontalo dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

BACA JUGA: Strateginya, Cukup Berhenti Menyontek

Mendikbud Anies Baswedan mengatakan, hasil indeks integritas setiap provinsi, dari peringkat tertinggi hingga terendah akan dikirimkan ke semua pimpinan daerah, yaitu gubernur, walikota dan bupati.

"Setiap gubernur akan menerima potret kejujuran sekolah di provinsinya. Setiap bupati akan menerima potret kejujuran sekolah di kabupatennya," ujarnya. (esy/jpnn)

BACA JUGA: Siswa SMK Bisa Dapat Rp 2,5 Juta

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ilmuan Muda Peraih Grand Award di AS ini Pengin jadi Gubernur Bali


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler