Daerah Perbatasan Indonesia-Malaysia Terkendali

Satu Pleton Brimob Dikerahkan ke Perumahan Balikpapan

Senin, 13 September 2010 – 22:01 WIB
BALIKPAPAN - Aktivitas masyarakat di malam takbiran Idul Fitri, Kamis (9/9) lalu, sangat padatTermasuk pula di wilayah Kota Nunukan yang berdekatan dengan negara tetangga Malaysia

BACA JUGA: Pelanggaran Naik, Kecelakaan Turun

Meski aktivitas tak seramai di Samarinda dan Balikpapan, namun pengamanan terus ditingkatkan.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Mathius Salempang, Wakapolda Kaltim Brigjen Ngadino, serta sejumlah pejabat utama Polda Kaltim, sempat langsung memantau kegiatan masyarakat pada malam Idul Fitri
Terutama dalam takbiran keliling di pusat-pusat kota wilayah Kaltim, di markas Polres Balikpapan Jalan Jenderal Sudirman.

Mathius sempat melihat rute peserta takbiran, termasuk pula menerima laporan dari seluruh Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) di 12 Polres

BACA JUGA: Hujan, Arus Balik Pantura Tersendat

Antara lain dari Polres Penajam Paser Utara (PPU), Paser, Samarinda, Tarakan, Nunukan, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Bulungan, Kutai Barat, Bontang, Berau, serta Polres Malinau.

"Untuk sementara di sejumlah wilayah Kaltim relatif aman dan terkendali
Ini berdasarkan laporan dari Kasatwil ke Kepala Biro Operasi (Karo Ops)

BACA JUGA: Satu Keluarga Tewas Terseret KA

Wilayah perbatasan, dari laporan yang saya terima aman," kata Kapolda kepada Post Metro (grup JPNN), saat standby di Polres Balikpapan hingga pukul 23.00 Wita.

Hanya saja untuk Kota Samarinda, kemacetan tetap tak dapat dihindari di sejumlah ruas jalanan utamaIni mengingat banyaknya peserta pawai takbiran keliling, serta aktivitas masyarakat mulai dari berbelanja persiapan lebaran dan lain-lainnya.

Kapolda juga menyebutkan telah memerintahkan Kasat Brimob Polda Kaltim AKBP Leo Bona Lubis, agar mengerahkan sebanyak satu pleton, atau sekitar 60 personel anggota Brimob, melakukan patroli secara mobile di seluruh perumahan di Balikpapan dan kampung-kampung, mem-backup anggota Samapta"Satu pleton Brimob kami siagakan, melakukan patroli di perumahan serta seluruh jalanan Kota Balikpapan," ujar Kabid Humas Polda, Kombes Pol Antonius Wisnu, didampingi Karo Ops Polda Kaltim, Kombes Pol Jusman Aer.

Dikatakan, peningkatan patroli itu untuk mencegah aksi kejahatan pencurian dan lain sebagainya, mengingat banyak masyarakat yang mudik berlebaran ke luar kota dan meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosongMasyarakat sendiri telah diminta melaporkan ke pengurus RT setempat maupun ke tetangga dekat, apabila rumahnya kosong.

Dalam malam takbiran lalu, pawai kendaraan keliling takbiran di pusat jalanan Balikpapan diikuti sebanyak lebih kurang 1.200 kendaraan roda duaSementara sebanyak 45 kendaraan mobil di antaranya, terdiri mobil pribadi, pikap dan truk"Berlangsung tertib dan lancarMemang ada sedikit kemacetan, tapi bisa teratasi," terang Kapolres Balikpapan, AKBP A Rafik.

Sementara di kesempatan terpisah, Kasatreskrim AKP Andrias Susanto menerangkan, hingga kini belum ada laporan aksi kejahatan yang menonjol diterima pihaknya, seperti pencurian dalam rumah, perampokan dan aksi pidana lainnya"Belum ada laporan, namun kami tetap siaga,” jawab Andrias(bai)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Di Batam, Arus Balik Domestik Mulai Ramai


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler