Daftar Buah dan Sayur ini Mencegah Anda dari Bahaya Kanker

Kamis, 17 Juni 2021 – 20:53 WIB
Buah-Buahan. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - Saat ini di kita bisa melihat makanan yang dikonsumsi masyarakat lebih banyak instan dan bukan dari hasil alam.

Rak-rak toko kelontong dipenuhi dengan makanan olahan dengan bahan pengawet aditif dengan pola asupan gizi yang tidak terkontrol dalam perspektif kesehatan.

BACA JUGA: Coba Konsumsi 8 Makanan Ini, Bisa Bangkitkan Kekuatan Organ Sensual Pria di Ranjang

Burger keju dan kentang goreng adalah contoh dari variatif nya makanan cepat saji yang dipilih untuk makan malam.

Ketika Anda memikirkan efek jenis diet yang ada terhadap kesehatan, itu justru meresahkan dan rasanya tidak menikmati hidup dengan adanya limitasi-limitasi program diet.

BACA JUGA: Keren, Mobil Mewah Ini Digunakan untuk Berjualan Sayur

Tidak heran jika tingkat obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan penyakit metabolik lainnya terus meningkat selama beberapa tahun terakhir.

Untuk menghindari menjadi bagian dari statistik mengerikan di atas, Anda bisa mulai membawa diet yang lebih sesuai dengan alam, dan itu berarti makan lebih banyak buah dan sayuran.

BACA JUGA: Yuk Konsumsi Sayur Genjer, Dapatkan 4 Khasiat Ajaibnya

Seperti yang telah dilansir oleh portal kesehatan orlandohealth.com, berikut author sajikan 10 alasan teratas mengonsumsi buah dan sayuran yang merupakan ide bagus!

 

Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral.

Anda tidak akan menemukan sumber nutrisi yang lebih baik daripada buah dan sayuran, yang dikemas dengan vitamin A, C dan E, serta magnesium, seng, fosfor, dan asam folat.

Zat potasium, salah satu mineral terpenting untuk kesehatan Anda. Makanlah banyak alpukat, ubi jalar, pisang, plum, dan bahkan pasta tomat yang dihaluskan.

 

Anda bisa menikmati berbagai rasa dan tekstur.

Dengan semua rasa yang unik dan menarik, makanan nabati memungkinkan Anda berkreasi di dapur. Anda bisa mencoba rasa yang kuat seperti bawang, zaitun dan paprika, atau pilihan yang lebih ringan seperti jamur dan jagung.

Untuk rasa manis, buah-buahan seperti nanas, anggur, atau plum sangat enak, sedangkan lemon dan jeruk bali lebih asam.

 

Super duper banyaknya serat

Sebagian besar buah dan sayuran memiliki banyak serat untuk mengisi Anda dan meningkatkan kesehatan usus, tetapi beberapa memiliki lebih dari yang lain.

Sayuran kaya serat termasuk artichoke, kacang hijau, brokoli dan kembang kol.

Buah-buahan berserat tinggi termasuk raspberry, pir, apel, dan labu.

 

Buah dan sayuran mempunyai kalori dan lemak yang rendah

Rata-rata, buah-buahan dan terutama sayuran sangat rendah kalori dan lemak, yang berarti Anda bisa makan lebih banyak untuk membuat merasa kenyang tanpa khawatir tentang kalori atau lemak ekstra.

Anda bisa menghemat lebih dari 200 kalori dengan makan setengah cangkir anggur versus seperempat cangkir M&Ms. Konon, ada pengecualian, seperti alpukat, zaitun, dan kelapa.

 

Melindungi dari kanker dan penyakit lainnya.

Banyak sayuran dan buah-buahan mengandung fitokimia, yang merupakan zat aktif biologis yang dapat membantu melindungi dari beberapa penyakit.

Artinya Anda bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2, stroke, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kanker dengan menambahkannya ke dalam makanan yang dikonsumsi.

Khususnya sayuran silangan, seperti brokoli, kubis, sawi dan selada air, telah dikaitkan dengan pengurangan risiko kanker.

 

Buah-buahan dan sayuran membantu Anda menjaga kesehatan yang baik.

Karena rendah lemak jenuh, garam dan gula, buah-buahan dan sayuran adalah bagian dari diet seimbang yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan atau mencegah penambahan berat badan.

Plus, sayur dan buah bisa membantu Anda mengurangi peradangan, dan menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

 

Nyaman, cepat dan mudah.

Tidak seperti granola bar atau biskuit, banyak buah dan sayuran tidak memerlukan kemasan apa pun. Jadi Anda dapat dengan mudah mengambil pisang atau apel saat Anda menuju pintu keluar.

 

Akhirnya… Smoothie Jus!

Jika Anda memiliki blender, yang Anda butuhkan hanyalah buah dan es untuk membuat smoothie yang lezat menggunakan semua rasa favorit.

Inilah tipsnya – saat Anda membuat smoothie buah, jangan ragu untuk memasukkan bayam segar sebanyak yang Anda suka.

Bayam tidak mulai terasa seperti "bayam" sampai Anda memasaknya.

Bahkan anak-anak tidak bisa membedakannya!

Menikmati buah-buahan dan sayuran adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan Anda dan benar-benar menikmati apa yang menjadi asupan.

Meskipun mungkin diperlukan sedikit kreativitas, usaha, dan pikiran terbuka untuk mencoba hal-hal baru, beralih ke diet dengan lebih banyak buah dan sayuran pasti sepadan! (mcr13/jpnn)


Redaktur & Reporter : Gigih Sergius Agasta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler