Daftar Nama 20 Besar Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024

Minggu, 28 Juli 2024 – 12:35 WIB
Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 untuk pelajar SLTA bertema Lingkungan Hidup. Foto: Instagram Ditjen PPKL KLHK

jpnn.com - JAKARTA – Lomba pidato Bahasa Inggris 2024 Tingkat Nasional untuk pelajar SLTA bertema lingkungan hidup telah memasuki babak 20 besar.

Lomba pidato Bahasa Inggris tingkat SLTA “Kompetisi Diplomasi Lingkungan Tahun 2024” ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Ditjen PPKL KLHK).

BACA JUGA: Lomba Pidato Bahasa Inggris 2024 Tingkat Nasional Masuk Babak 60 Besar

Selain lomba pidato Bahasa Inggris, ada juga lomba debat Bahasa Indonesia, juga bertema lingkungan.

Lomba dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 dan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

BACA JUGA: Peringati Hari Lingkungan Hidup 2024, GBU Gelar Seminar Pertambangan

Khusus lomba pidato Bahasa Inggris tingkat SLTA, data dari panitia menyebutkan jumlah peserta sebanyak 794 siswa dari 498 sekolah SMA, Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) seluruh Indonesia. Jumlah peserta lebih banyak dari jumlah sekolah karena satu sekolah boleh mendaftarkan lima peserta saat pendaftaran.

Dari 794 peserta, sudah dilakukan seleksi dan tersaring menjadi 60 orang yang berasal dari sekolah SMA/sederajat negeri dan swasta dari seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Aplikasi SIDIK KLHK Meraih Penghargaan Inovasi Publik Terbaik dari PBB

Nah, 60 peserta sudah mempresentasikan pidatonya masing-masing tanpa naskah dan menjalani sesi tanya jawab dengan dewan juri pada Sabtu 27 Juli 2024.

Dari 60 peserta, dewan juri telah memilih peserta yang masuk babak 20 besar.

Dikutip dari akun resmi Ditjen PPKL KLHK di Instagram, berikut ini daftar nama peserta masuk 20 besar lomba pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 dan asal sekolahnya, yang terbagi dalam dua ruangan seleksi:

Ruangan 1

1. Albert Melky H. S.- SMA Unggul Del

2. Kay Moreno A.- Ipeka Puri Indah

3. Verene Luvena - SMAK Santo Fransiskus Assisi Samarinda

4. Hannania Khairani S.- SMA Islam Al-Azhar 4 Kemang Pratama, Bekasi

5. Kenia K. M.- SMAN 1 Manokwari

6. Sam Ratu Adila - SMAN 96 Jakarta

7. Chalesa Elmiya - MAN Insan Cendekia Oki

8. Esther Veronika - SMAK Yos Sudarso Batam

9. Mydear Cyrawita P.A.- SMA AL-HASRA

10. Naila Auliasyifa Z. - MAN 1 Tulungagung.

Ruangan 2

1. Benediva Boaz Ambarita - SMA Unggul Del

2. Syifa Nafisah - SMA IT Insan Cendekia Payakumbuh

3. Phivelle Charmen Lie - SMAN 21 Jakarta

4. Kalila Dewi Sophia - SMA Pembangunan Jaya Sidoarjo

5. Skolastika Vimalakirti P. T. - SMA Santa Ursula Jakarta

6. Ashiandra Samaraghandi V. H. - SMAN 11 Semarang

7. William Hansel - SMA Trinitas

8. Zata Amanda S. - SMAN 2 Bandar Lampung

9. Farrelina Khaerunisa W. - Madrasah Aliyah Al-Hikmah 2

10. Vania Theola Tanako - SMKN 1 Tarakan.

Pada babak 20 besar atau semifinal, nantinya para peserta akan mempresentasikan pidatonya dengan tema yang berbeda dengan yang disampaikan pada babak 60 besar. Namun, tetap berkaitan dengan mitigasi perubahan iklim.

Dikutip dari situs resmi Ditjen PPKL KLHK, pihak Panitia Lomba Pidato Bahasa Inggris 2024 Tingkat Nasional untuk pelajar SMA/sederajat menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini.

Pertama, pelibatan dengan menciptakan influence experience bagi generasi muda untuk terlibat langsung dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup sejak awal sekaligus menjawab kondisi faktual dan tantangan pemulihan lingkungan hidup di Indonesia.

“Kedua, melatih siswa agar terbiasa menyampaikan pendapat dengan baik, serta berpikir kritis, kreatif, analitis, konstruktif dan bersikap sportif.”

Ketiga, memotret pemahaman dan kesadaran generasi muda dalam memahami isu lingkungan di level nasional dan global, serta tantangan pelestarian lingkungan berkelanjutan.

Keempat, menjaring ide, gagasan, aksi, dan solusi generasi muda untuk berpartisipasi dalam penyelesaian masalah triple planetary crisis.

Nantinya, para juara Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 bertema lingkungan ini akan menerima trofi, sertifikat, dan hadiah uang yang totalnya mencapai Rp 16 juta. (ppklklhk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler