Daftar Nama Finalis Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 SLTA

Jumat, 02 Agustus 2024 – 15:49 WIB
Top 6 atau finalis Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024. Foto: Instagram Ditjen PPKL KLHK

jpnn.com - JAKARTA – Sam Ratu Adila siswi SMAN 96 Jakarta masuk babak final Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 untuk pelajar SLTA bertema lingkungan hidup.

Lomba pidato Bahasa Inggris tingkat SLTA “Kompetisi Diplomasi Lingkungan Tahun 2024” ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Ditjen PPKL KLHK).

BACA JUGA: Daftar Nama 20 Besar Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024

Selain lomba pidato Bahasa Inggris, ada juga lomba debat Bahasa Indonesia dan lomba debat Bahasa Inggris. Semua lomba bertema lingkungan.

Lomba dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 dan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

BACA JUGA: Lomba Pidato Bahasa Inggris 2024 Tingkat Nasional Masuk Babak 60 Besar

Khusus lomba pidato Bahasa Inggris tingkat SLTA, data dari panitia menyebutkan jumlah peserta sebanyak 794 siswa dari 498 sekolah SMA, Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) seluruh Indonesia.

Jumlah peserta di babak penyisihan ini lebih banyak dari jumlah sekolah karena satu sekolah boleh mendaftarkan lima siswa/siswi sebagai peserta.

BACA JUGA: Aplikasi SIDIK KLHK Meraih Penghargaan Inovasi Publik Terbaik dari PBB

Dari 794 peserta, sudah dilakukan seleksi dan tersaring menjadi 60 orang yang berasal dari sekolah SMA/sederajat negeri dan swasta dari seluruh Indonesia.

Nah, 60 peserta sudah mempresentasikan pidatonya masing-masing tanpa naskah dan menjalani sesi tanya jawab dengan dewan juri pada Sabtu 27 Juli 2024.

Dari 60 peserta, dewan juri telah memilih peserta yang masuk babak 20 besar atau semifinal. Pemeringkatan berdasar total nilai akhir yang diperoleh masing-masing peserta.

Babak semifinal sudah digelar pada Jumat, 2 Agustus 2024. Setelah 20 peserta di babak semifinal menyampaikan pidato tanpa naskah dan disambung interview, selang beberapa jam kemudian dewan juri menetapkan 6 nama masuk babak final.

Dikutip dari akun resmi Ditjen PPKL KLHK di Instagram, berikut ini daftar nama Top 6 atau finalis Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 dan asal sekolahnya, yang terbagi dalam dua ruangan seleksi:

Ruang Satu

1. Syifa Nafisah - SMA IT Insan Cendekia Payakumbuh, Sumbar

2. Verene Luvena - SMAS Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda, Kaltim

3. SAM RATU ADILA - SMA Negeri 96 Jakarta

Ruang Dua

1. Benediva Boaz Ambarita - SMA Unggul Del, Toba, Sumut

2. Kalila Dewi Sophia - UPH College, Tangerang, Banten

3. Ashiandra Samaraghandi Varadiana Harmanto - SMAN 11 Semarang, Jateng

“Selamat kepada peserta yang berhasil masuk TOP 6 Pidato Bahasa Inggris.”

“Persiapkan dirimu di babak final dan terus berjuang untuk menginspirasi perubahan melalui pidato. Setiap langkah kecil akan berpengaruh untuk bumi kita kedepannya,” demikian pengumuman 6 Top Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 bertema lingkungan, dikutip dari akun resmi Ditjen PPKL KLHK di Instagram, Jumat.

Dikutip dari situs resmi Ditjen PPKL KLHK, pihak Panitia Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 untuk pelajar SMA/sederajat menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini.

Pertama, pelibatan dengan menciptakan influence experience bagi generasi muda untuk terlibat langsung dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup sejak awal sekaligus menjawab kondisi faktual dan tantangan pemulihan lingkungan hidup di Indonesia.

“Kedua, melatih siswa agar terbiasa menyampaikan pendapat dengan baik, serta berpikir kritis, kreatif, analitis, konstruktif dan bersikap sportif.”

Ketiga, memotret pemahaman dan kesadaran generasi muda dalam memahami isu lingkungan di level nasional dan global, serta tantangan pelestarian lingkungan berkelanjutan.

Keempat, menjaring ide, gagasan, aksi, dan solusi generasi muda untuk berpartisipasi dalam penyelesaian masalah triple planetary crisis.

Nantinya, para juara Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 untuk pelajar SLTA bertema lingkungan ini akan menerima trofi, sertifikat, dan hadiah uang yang totalnya mencapai Rp 16 juta. (ppklklhk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler