Daftar Pemenang Turnamen Sains Data Nasional 2022, Cek Sekolah & Universitasmu 

Selasa, 20 Desember 2022 – 12:21 WIB
Ilustrasi - Turnamen Sains Data Nasional 2022. ANTARA/Shutterstock/am.

jpnn.com, JAKARTA - Turnamen Sains Data Nasional (TSDN) 2022 resmi ditutup. Penutupannya ditandai dengan pengumuman pemenang.

Menariknya pengumuman dilakukan perwakilan dari sektor korporasi, yaitu Hanan Bahalwan dari Safarindo Internusa, Mariam Rahmania dari AdMedika.

BACA JUGA: Pelajar & Mahasiswa Ditantang Unjuk Kebolehan di Turnamen Sains Data Nasional, Tertarik?

Kemudian, Rhezandra Priatama dari Karier.mu serta Lutfhy Ardiansyah dari Data Academy. 

Hadiah untuk para pemenang ternilai cukup fantastis, yaitu Rp 150 juta untuk seluruh hadiah tunai dan Rp 400 juta non-tunai.

BACA JUGA: Turnamen Sains Data Nasional 2021 Sukses Digelar

Pada kategori pelajar dimenangkan oleh tim Orbit dari SMKN 4 Bandung. Disusul tim Ikai dari SMK Telkom Jakarta dan pemenang ketiga oleh Qazac Legacy dari SMKN 26 Jakarta.

Pada kategori mahasiswa dimenangkan tim Aiotech dari Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, disusul tim Semesta dari Universitas Airlangga, Surabaya, dan pemenang ketiga tim Netcore dari Universitas Widyatama Bandung. 

BACA JUGA: ISST 2022: Universitas Terbuka Luncurkan Buku Karya Para Dosen Sains & Teknologi 

Pada kategori publik pemenang posisi pertama yaitu tim PTR, kedua dimenangkan tim Noni, dan ketiga oleh tim Niomata.

Luthfy Ardiansyah selaku CEO Data Academy menyampaikan berbagai aktivitas di bidang sains dan data AI telah dilakukan para peserta dan pendamping hampir satu bulan penuh. 

"Kami mengucapkan selamat kepada para pemenang dan terima kasih atas antusias, kerja keras, serta kreativitas yang luar biasa baik untuk TSDN 2022 maupun pembangunan dan kemajuan data science secara nasional," tutur Luthfy Ardiansyah dalam keterangannya, Selasa (20/12). 

Dia berharap kegiatan itu akan menjadi agenda rutin nasional untuk terus menciptakan bibit unggul dalam bidang sains data dan AI.

Luthfy mengungkapkan kekagumannya atas hasil turnamen yang luar biasa terutama pada kategori pelajar yang sudah sampai di tingkat AI.

Pendiri Asosiasi Data Sains dan AI Indonesia (ASDASI) Bambang Heru Tjahjono berharap munculnya pemuda-pemudi yang sadar akan penguasaan, pengolahan data sains dan teknologi, sehingga bisa mendorong dan mewujudkan kemajuan serta kebangkitan ekonomi di Indonesia. 

Data Academy sebagai penyelenggara dan sponsor utama TSDN 2022 merupakan pusat studi untuk para profesional di bidang data sains dan artificial intelligence (AI).

Data Academy bersinergi dengan institusi edukasi, industri, pemerintahan dan komunitas membangun keterampilan di bidang Data Science dan Artificial Intelligence (AI). 

Tahun ini, Turnamen Sains Data Nasional dikuti 625 grup atau terdata lebih dari 2.000 peserta dari 26 provinsi dan berbagai kalangan.

Mulai dari kalangan umum, mahasiswa, hingga pelajar sekolah menengah atas atau kejuruan yang tertarik dan memiliki minat dalam bidang sains data dan AI. 

Turnamen yang diselenggarkan sejak 31 Oktober hingga 1 Desember 2022 itu mendapatkan dukungan dari instansi pemerintah, di antaranya Kementerian Kominfo, BNSP, BRIN, BPS DKI Jakarta, Jakarta Satu, Jakarta Open Data, Jabar Digital Service dan Jabar Open Data. Selain itu didukung juga oleh beberapa korporasi yakni, Paragon Corp, Karier.mu, Cybertrend Intrabuana, Lojin Organic Store, LSP Data, Safarindo Internusa dan Good Choice.

Tak luput juga dukungan dari para praktisi yang tergabung dalam komunitas ataupun asosiasi, seperti ABDI, AIDI, IdBigData, DSI dan APTIKOM dan lebih dari 20 universitas ternama di Indonesia. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Cara Menenangkan Bayi yang Menangis Menurut Sains


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler