Dahlan Iskan Akui Pertamina Belum Sebanding Petronas

Kamis, 19 Desember 2013 – 02:12 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menilai tak adil bila ada pihak yang membandingkan PT Pertamina dengan Petroliam Nasional Berhad (Petronas). Menurutnya ada perbedaan yang besar antara keduanya meski sama-sama bergerak di sektor perminyakan.

"Membandingkan Pertamina dengan Petronas itu tidak sebanding," tutur Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (18/12).

BACA JUGA: DPR Minta BRI Tunda Beli Satelit

Dahlan menegaskan, perbandingan itu baru sepadan jika Pertamina digabung dengan SKK Migas. "Jadi kalau mau membandingkan dengan Petronas itu ya sama aja seperti Pertamina plus SKK Migas itu sama dengan Petronas," tutupnya.

Sebelumnya, ada pengamat energi yang berujar bahwa PT Pertamina terbilang masih mencatat pendapatan yang kecil jika dibandingkan dengan Petronas Malaysia. Dengan kecilnya pendapatan atau modal Pertamina,  jika diakumulasikan maka belanja modal investasi di sektor hulu migas di perusahaan pelat merah itu jauh tertinggal dibanding Petronas dalam 5-10 tahun terakhir.

BACA JUGA: Pertamina Anggap Positif Usulan Ahok

Darmawan menjelaskan, dari seluruh pendapatan petronas hanya 30 persen saja yang dikembalikan ke negara. Sementara Pertamina, 95 persen pendapatannya diserahkan ke negara dan hanya lima persen saja yang digunakan untuk investasi dan sebagainya. (chi/jpnn)

BACA JUGA: Dahlan Iskan: Pegawai Mengundurkan Diri Itu Hak

BACA ARTIKEL LAINNYA... Soetrisno Bachir: Jumlah Wirausahawan Minimal Harus 5 Persen


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler