Dahlan Iskan Beri Tips Kesehatan ke Mahasiswa Baru UI

Kamis, 22 Agustus 2013 – 16:00 WIB
Dahlan Iskan menjadi pembicara di depan ratusan mahasiswa baru UI. FOTO: Yessy Artada/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menjadi tamu istimewa dalam acara Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) di Belairung UI, Depok, Jawa Barat, Kamis (22/8). Di hadapan ribuan mahasiswa yang baru diospek dari berbagai jurusan ini, Dahlan mengaku bangga dengan mereka.

"Tadi saya dapat informasi bahwa tahun ini banyak mahasiswa baru yang berasal dari daerah. Kalian ini semua hebat bisa sampai di sini," ujar Dahlan.

BACA JUGA: Dicecar Soal Kuota Impor, Sekretaris Mentan Ngaku tak Tahu

Benar saja, Dahlan kemudian bertanya apa ada diantara mereka yang berasal dari Papua, Medan, Padang dan sebagainya. Dia lantas menyuruh sepuluh mahasiswa untuk maju ke depan bersama dirinya ke podium.

Bekas Dirut PLN ini meyakini bukan perkara mudah bisa masuk ke salah satu universitas terbaik di Indonesia. Sehingga kemampuan dan kepintaran mereka pun tak diragukan lagi. Lantas Dahlan bertanya pada sepuluh mahasiswa tersebut. 'Mengapa banyak orang yang sangat pintar namun kerap gagal saat tes kesehatan?'

BACA JUGA: Upeti Proyek SKK Migas Diduga Disetor ke Rekening Koperasi

"Banyak yang rangkingnya teratas dan selalu jadi nomor satu. Tapi begitu tes kesehatan gak lulus. Banyak orang pintar yang jatuh saat tes kesehatan. Nah ketika itu saya minta dilakukan penelitian. Mengapa terlalu banyak sarjana baru yang pandai-pandai justru tidak lulus tes kesehatan?," terang Dahlan.

Dahlan kemudian mempersilahkan sepuluh mahasiswa itu untuk menjawab. Jawaban mereka pun beragam, ada yang menjawab karena kurang gizi selama kuliah tinggal dari orangtua, ada yang menyebut kurang asupan makanan, kurang olahraga, kurang istirahat dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Politisi Golkar: Konvensi Capres Demokrat Dijual Ketengan

Mendengar jawaban itu Dahlan bilang bahwa tidak ada yang salah. Hanya saja Dahlan mengemukakan ragu pada kemampuan mengatur diri sendiri. "Saya mengemukakan ini karena saya gak ragu lagi pada kapasitas kepintaran kalian. Hanya saja saya ragu terhadap kemampuan anda mengatur diri anda sendiri," papar Dahlan.

Makanya pria yang dianugerahi gelar Doctor Honoris Causa dari IAIN Walisongo ini memberi beberapa tips pada ribuan mahasiswa ini.

"Memang saya tahu untuk bisa lulus terbaik belajarnya harus kerja keras dan tidurnya kurang. Dan banyak diantara kalian yang mencari minuman berenergi supaya kuat bergadang sampai pagi. Atau banyak yang kadang saking terlalu sibuknya belajar dia lupa makan. Pas laper tengah malem sehingga banyak yang pilih jalur pintas, yakni mencari makanan cepat saji yang banyak bahan pengawetnya," tutur dia.

Tentu lanjut Dahlan, makanan dan minuman itu boleh disantap hanya saja dia mengingatkan agar kadarnya tidak terlalu berlebihan. Sebab, lebih banyak resiko buruk yang akan didapat ketimbang manfaatnya. (chi/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Giliran Nama Ruhut Disebut


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler