Dahlan Iskan Janjikan Ketahanan Pangan

Minggu, 27 April 2014 – 13:13 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Peserta Konvensi Calon Presiden (Capres) Partai Demokrat, Dahlan Iskan mengaku setuju dengan pendapat yang menyebut pemerintah di lima tahun mendatang harus fokus pada ketahanan pangan. Menurutnya, sudah saatnya Indonesia fokus dalam membenahi ketahanan pangan yang selama ini dirasa kurang. Terlebih, para petani di pedesaan sudah mulai menerima modernisasi

"Untuk ketahanan pangan momentumnya sudah sangat tepat sekali. Sebelumnya, belum pernah pertanian di pedesaan menerima sistem modernisasi. Kalau dulu mereka melawan modernisasi, sekarang mereka mau mulai menerima," ucap Dahlan saat debat konvensi di Ballroom Hotel Grand Sahid, Jakarta, Minggu (27/4).

BACA JUGA: Golkar Incar Peserta Konvensi Demokrat untuk Cawapres Ical

Meski demikian Dahlan mengakui bahwa tantangan ke depan memang semakin sulit. Namun, pria asal Magetan itu optimistis dapat mengembangkannya bila nanti terpilih menjadi Presiden 2014.

"Industri harus dikembangkan dan itu tidak sulit. Makanya kita harus terus berjuang untuk mewujudkan itu," ujar pria yang juga Menteri BUMN itu.

BACA JUGA: Tifatul Isyaratkan Koalisi PKS-Demokrat Tetap Terbuka

Salah satu cara yang sudah ia lakukan yakni dengan meminta PT Perkebunan Nusantara (PTPN) menamam bermacam-macam buah tropis di Indonesia seperti pisang, pepaya dan sebagainya. Ia menyayangkan karena selama ini masyarakat Indonesia malah dibanjiri buah impor.

"Saya ingin mengembangkan buah tropis di Indonesia, karena kita sering impor buah yang sebetulnya di Indonesia bisa kita kembangkan sendiri. Saya sudah mencoba di Jawa Barat menaman enam ribu hektar pisang di sana dan tanam buah lainnya," beber dia.

BACA JUGA: Sebelum Umumkan Capres 15 Mei, Komite Konvensi Gelar Survei

Mantan Dirut PLN itu juga tak mau bila Indonesia kalah bersaing dengan luar negeri. Karenanya ia menginstruksikan pada PTPN untuk mengekspor hasil tanamannya ke luar negeri. "Kita harus menyerbu negara lain, seperti menyerbu Tiongkok dengan hasil buah kita," pungkas pria berkacamata itu. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Siapkan Panggung Khusus Agar Ribuan ReDi tak Kecewa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler