Dahlan: Maksimalkan Dua Landasan Soekarno Hatta

Jumat, 10 Januari 2014 – 14:52 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menilai pembangunan landasan ketiga di Bandara Soekarno Hatta belum diperlukan. Dahlan justru meminta agar dua landasan yang sudah ada dimanfaatkan secara maksimal terlebih dulu.

Lebih lanjut Dahlan jelaskan bahwa dua landasan yang ada saat ini baru bisa menampung 64 pergerakan pesawat.

BACA JUGA: Dahlan Iskan: Maskapai Pembangkang Dilarang Terbang

"Dua landasan ini seharusnya bisa menampung pergerakan pesawat sampai 90 pergerakan, tapi saat ini masih 64 pergerakan. Kalau itu dimaksimalkan sampai 90 pergerakan urgensi bangun landasan ketiga enggak perlu lagi," ucap mantan Dirut PLN itu di Kedoya, Jakarta Barat, Jumat (10/1).

Di samping itu dibutuhkan biaya yang besar untuk membuat landasan baru. Dahlan juga ragu bahwa rencana pembangunan landasan tiga dapat terwujud, mengingat harus berurusan dengan banyak orang untuk pembebasan lahan.

BACA JUGA: Penerbangan Komersial Perdana dari Halim PK Alami Keterlambatan

"Landasan ketiga ini biayanya bisa sampai Rp 40 triliun, yang kedua saya tidak yakin bisa berjalan karena harus membebaskan tanah 800 hektar dan itu berurusan dengan banyak masyarakat. Itu menyangkut 10 desa tiga kecamatan. Saya tidak optimis bisa terlaksana dalam waktu 5 tahun," paparnya.

Sebelumnya AP II berencana akan menambah lagi landasan pacu atau runway di terminal III. Penambahan ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan di landasan pacu. (chi/jpnn)

BACA JUGA: Citilink Terbang Perdana, Garuda Masih Harus Bangun Sarana

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Harga Cabai Tunggu Panen Raya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler