Dahlan Ucapkan Selamat Tinggal pada Askes

Senin, 21 Oktober 2013 – 18:23 WIB

jpnn.com - SUKABUMI--PT Askes (Persero) akan mengalami transformasi menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada 1 Januari 2014. Menjelang perubahan badan hukum PT Askes itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengingatkan agar perusahaan di bawah kementeriannya itu terus meningkatkan kapasitas melayani jaminan kesehatan masyarakat.

"Askes ini pada 1 Januari 2014 ini sudah tidak lagi di bawah menteri BUMN, kami ucapkan selamat tinggal. Kami teman-teman BUMN bersepakat menandatangani komitmen dengan Askes mudah-mudahan ini menjadi dorongan sangat kuat agar BPJS bisa berjalan dengan baik," ujar Dahlan dalam sambutannya saat menghadiri penandatanganan komitmen dukung BPJS antara 140 perusahaan BUMN dengan Askes di Sukabumi, Jawa Barat, Senin, (21/10).

BACA JUGA: Presiden Puji Ide Dahlan Iskan

Dahlan mengungkapkan dalam perubahannya Askes akan mengalami cukup banyak tantangan. Di antaranya, Askes harus memikirkan sistem jenjang karir karyawannya, sistem penggajian hingga sistem insentif bagi pelaksananya. Ia mengingatkan Askes mempersiapkan menghadapi semua hal itu dengan matang sehingga kinerja jelang 2014 tidak terhambat.

Jika Askes berhasil menjadi BPJS Kesehatan dengan melayani karyawan BUMN, Dahlan berharap ke depan perusahaan swasta ikut tertarik memanfaatkan badan yang sama untuk jaminan sosial.

BACA JUGA: Apindo Tolak Sertifikasi Halal untuk Obat

"Selama ini hanya Askes menangani 16 juta orang. Tapi nanti tahun pertama akan menangani 121 juta orang, Askes harus pikirkan bagaimana meningkatkan kapasitas," kata dia.

Untuk menunjang kinerja BPJS kesehatan, Dahlan mengaku sudah mengizinkan Askes merekrut sekitar 4000 karyawan baru yang dipercaya bisa bekerja maksimal ke depan.

BACA JUGA: Kemenakertrans Dianggap Lamban Terbitkan Juklak

"Tahun ini tambah 4 ribu orang, dengan demikian maka persiapan dari Askes menjadi BPJS kesehatan mudah-mudahan tidak banyak kendala," tandas Dahlan. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kuartal III, Peruri Cetak Uang Rp 6 Miliar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler