DAI Gelar Puncak Hari Asuransi 2022

Rabu, 26 Oktober 2022 – 16:40 WIB
Dewan Asuransi Indonesia (DAI) bersama sejumlah asosiasi anggota perusahaan asuransi menggelar Puncak Hari Asuransi 2022, yang ke-17 secara off air, pada Sabtu (22/10) di Senayan Park, Pulau 1, Jakarta. Foto dok DAI

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Asuransi Indonesia (DAI) bersama sejumlah asosiasi anggota perusahaan asuransi menggelar Puncak Hari Asuransi 2022, yang ke-17 secara off air, pada Sabtu (22/10) di Senayan Park, Pulau 1, Jakarta.

Puncak rangkaian Hari Asuransi bertema Literasi Asuransi Untuk Negeri ini merupakan wujud upaya nyata industri asuransi dalam meningkatkan penetrasi dan literasi asuransi di Indonesia.

BACA JUGA: PT PP Lanjutkan Pembangunan Proyek SGAR Mempawah di Kalbar

Kegiatan ini sekaligus menjadi momentum bagi industri untuk lebih gencar memberikan sosialisasi mengenai pentingnya perlindungan diri melalui asuransi.

Ketua Umum DAI Tatang Nurhidayat mengatakan hari asuransi yang dirayakan dari tahun ke tahun, tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya berasuransi.

BACA JUGA: SIG Berevolusi dari Produsen Semen Menjadi Penyedia Bahan Bangunan

“Pentingnya berasuransi, perlu terus digalakan karena pemahaman serta akses masyarakat terhadap produk dan jasa asuransi masih rendah, sementara asuransi sangat berguna untuk proteksi diri, keluarga dan juga merupakan perencanaan keuangan jangka panjang yang kemungkinan diperlukan sewaktu-waktu," ujar Tatang.

Dengan jumlah penduduk yang sangat besar yakni lebih dari 275 juta jiwa, sementara penetrasi asuransi yang masih rendah, hal ini merupakan peluang bagi industri asuransi untuk terus meningkatkan edukasi dan literasi asuransi kepada masyarakat.

BACA JUGA: Ganjar Optimistis Petani Milenial di Jateng Bisa Wujudkan Kedaulatan Pangan

Oleh karena itu, industri asuransi pun perlu menetapkan strategi dan pemanfaatan teknologi IT serta mitigasinya, dalam upaya edukasi dan literasi mengenai asuransi kepada masyarakat Indonesia.

"Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat mengetahui pentingnya berasuransi serta paham produk-produk asuransi yang ada,” imbuhnya.

Tingkat pendidikan, kesadaran dan pendapatan yang rendah, masih mempengaruhi minat masyarakat dalam berasuransi.

Selain itu, kondisi wilayah Indonesia yang merupakan negara kepulauan, turut memperlambat percepatan penetrasi asuransi kepada masyarakat dan merupakan tantangan tersendiri bagi industri asuransi.

Untuk itu, dalam pelaksanaannya DAI melalui Panitia Hari Asuransi 2022, melakukan berbagai kegiatan yang memfokuskan pada edukasi, sosialisasi dan literasi tentang manfaat berasuransi kepada seluruh lapisan masyarakat.

”Melalui Literasi Asuransi Untuk Negeri, kita berusaha menjabarkan tujuan bersama untuk meningkatkan pemahaman asuransi serta pentingnya asuransi bagi kehidupan, kepada masyarakat," tutur Ketua Panitia Hari Asuransi 2022 Retno Susanti.

Sepanjang 2022, panitia Hari Asuransi pusat telah bekerja sama dengan panitia hari asuransi di beberapa kota, secara pararel mengadakan bermacam kegiatan untuk mendukung Hari Asuransi 2022.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler