Dana Infrastruktur ASEAN Beroperasi 2012

Selasa, 10 Mei 2011 – 21:30 WIB
JAKARTA - ASEAN Infrastructure Fund atau dana bersama untuk pembangunan infrastruktur yang digagas negara-negara Asia Tenggara diharapkan bisa beroperasi mulai 2012Dengan total modal awal USD 480 juta, dana tersebut diharapkan bisa mewujudkan keterhubungan masyarakat Asia Tenggara.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengungkapkan hal tersebut di kantornya kemarin

BACA JUGA: Kemasan jadi Titik Lemah Produk Daerah

"ASEAN Infrastructure Fund itu kita harapkan akhir 2011 ini sudah bisa diformalkan sehingga 2012 sudah bisa beroperasi," kata Agus
"ASEAN Infrastructure Fund itu kan pembiayaan infrastruktur untuk ASEAN dan salah satu yang diwujudkan oleh ASEAN adalah ASEAN interconnectivity," tambahnya.

Agus menambahkan, Indonesia juga tengah mengupayakan infrastruktur yang bisa menjaga ASEAN interconectivity

BACA JUGA: Indonesia Partisipasi 12 Ribu Ton untuk Pangan ASEAN

Indonesia sendiri telah memiliki Infrastructure Fund yang didirikan oleh PT Sarana Multi Infrastruktur yang bekerjasama dengan Bank Pembangunan Asia
"Jadi ini adalah proses yang ada," kata Agus.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementrian Keuangan Bambang P.S Brodjonegoro menjelaskan, dalam ASEAN Infrastructure Fund, tiap negara menyetor modal awal dalam porsi yang berbeda

BACA JUGA: Hatta Rajasa Resmikan Fly Over Merak

Malaysia menjadi negara dengan penyetor dana terbesar dengan USD 150 jutaIndonesia berada di peringkat kedua dengan USD 120 jutaADB sebagai mitra, juga memberi porsi modal antara USD 120-150 juta"Sudah ada kesepakatan, tinggal di launching," katanya.

Bambang menambahkan, Indonesia berkepentingan menyetor modal besar, agar bisa mendapatkan pendanaan yang lebih banyakDana tersebut bisa digunakan untuk membangun infrastruktur di tanah air.

Selain ASEAN Infrastructure Fund, KTT ASEAN yang berlangsung akhir pekan lalu di Jakarta, juga bersepakat menjaga stabilitas ekonomi makro, stabilitas pangan, serta percepatan perwujudan ASEAN Economic Community 2015(sof/kim)

BACA ARTIKEL LAINNYA... RI Dapatkan 4 Proyek Prioritas Asean


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler