Dana Mitra Bawaslu Terancam tak Cair

Kamis, 13 Februari 2014 – 19:56 WIB

jpnn.com - JAKARTA – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Nelson Simanjuntak, berharap pemerintah dapat segera mencairkan dana untuk membiayai mitra Pengawas Pemilih Lapangan (PPL) yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), paling lambat awal Maret 2014.

Menurut Nelson, dana bagi mitra PPL perlu segera dicairkan, mengingat waktu pelaksanaan pemilu 9 April 2014 sudah kian dekat.

BACA JUGA: Bawaslu Sebut Tinta Sidik Jari Gampang Luntur

“Kita minta dana mitra PPL dapat segera dicairkan paling tidak awal Maret mendatang. Alasannya karena sudah tidak ada waktu lagi. Apalagi untuk (mitra PPL) kita belum melakukan perekrutan,” ujarnya di Jakarta, Kamis (13/2).

Menanggapi permintaan tersebut, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Didik Suprayitno, mengaku pihaknya belum dapat membahas lebih lanjut terkait permintaan tersebut. Alasannya, karena mitra PPL belum memiliki kelembagaan yang jelas.

BACA JUGA: Tujuh Pabrik Pencetak Surat Suara Hanya Dijaga Satu Polisi

“Hingga saat ini Kemendagri belum membahas (rancangan Peraturan Presiden untuk mitra PPL), karena belum ada badannya. Artinya Bawaslu harus membentuk terlebih dahulu lembaga mitra PPL,” katanya.

Selain itu, untuk memerkuat kelembagaan mitra PPL, Bawaslu menurut Didik, juga harus terlebih dahulu menyusun rancangan peraturan yang jelas.

BACA JUGA: Logistik Pemilu Mampir Dulu ke KBRI

“Jadi juga harus ada peraturannya. Nah kalau sudah ada baru disampaikan ke Kemendagri agar rancangan perpresnya dapat segera dibahas,” katanya.(gir/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Panja Minta Letak Calon Ibukota Buton Selatan Dipastikan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler