Danone-AQUA dan Stellar Women Hadirkan Platform Edukasi

Senin, 04 Oktober 2021 – 23:31 WIB
Danone Indonesia. Foto dok Danone Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Danone-AQUA dan Stellar Women menghadirkan sebuah platform edukasi untuk pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya untuk perempuan di Indonesia.

Kegiatan itu dilakukan lewat program Business for Good Class Series pada 28-29 September 2021 dengan peserta lebih dari 1.200 orang.

BACA JUGA: Gibran: Gerakan Bangkit Bersama GoTo Bisa Jadi Penggerak Ekonomi di Solo

Program Business for Good Class Series merupakan program yang mengajak para pelaku usaha khususnya wanita berkumpul untuk saling berbagi pengalaman dalam mengembangkan bisnis, yang berdampak secara ekonomi, serta memberikan manfaat berkelanjutan bagi lingkungan dan sosial termasuk pengenalan akan sertifikasi B Corporation bagi para pelaku bisnis.

B Corporations merupakan istilah yang digunakan untuk perusahaan yang sudah mendapatkan sertifikasi dari organisasi non-profit B Lab, karena sudah memenuhi standar perusahaan yang sangat tinggi terkait dengan operasional perusahaan, pengelolaan sumber daya manusia, hubungan dengan pemerintah, dampak untuk lingkungan dan masyarakat, juga hubungan dengan konsumen.

BACA JUGA: LPEI Fasilitasi UKM di Indonesia Timur

Setidaknya 33 perusahaan yang terafiliasi dengan Danone, termasuk Danone-AQUA sudah mendapatkan sertifikasi ini.

Terdapat beberapa manfaat yang didapatkan perusahaan dengan sertifikasi ini, seperti kemudahan dalam mendapatkan green financing dan manfaat relasi perusahaan.

BACA JUGA: Kemenkes Pastikan Layanan Kesehatan PON XX Papua Sudah Siap

“Membangun bisnis berkelanjutan merupakan upaya untuk memenuhi ekspektasi konsumen saat ini dan juga kami percaya ini adalah yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan. 20 tahun lalu konsumen lebih melihat pada product quality, services quality," ujar VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto.

Director & CSO Amartha Aria Widyanto menjelaskan selain pembiayaan, Amartha juga membentuk tim khusus untuk mendampingi dan mengedukasi peminjam agar mereka bisa mengembangkan usahanya.

Pendampingan tersebut menghasilkan implikasi baik yang bisa dilihat dari naiknya pendapatan peminjam yang diiringi oleh peningkatan kesejahteraan hidup, seperti jaminan pendidikan anak hingga renovasi tempat tinggal.

Co-founder dan COO Tinkerlust Aliya Amitra Tjakraamidjaja menuturkan kontribusi bisnis bagi lingkungan dan sosial juga menjadi salah satu misi dari Tinkerlust.

Dengan menyediakan platform jual-beli produk fashion secondhand, Tinkerlust ingin mengajak dan mengubah pola berbelanja fashion masyarakat Indonesia agar lebih sustainable.

Dengan diselenggarakannya program Business For Good Class Series ini, diharapkan semakin banyak pelaku usaha di Indonesia yang menerapkan prinsip berkelanjutan serta mendapat pemahaman tentang sertifikasi B Corp.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Danone   Aqua   Danone Aqua   UMKM   Wanita   pelatihan   Platform  

Terpopuler