Danrem 052: TNI Dukung Pelestarian Burung Parrot

Senin, 04 Desember 2017 – 23:54 WIB
Danrem 052 Wkr Kolonel Inf Iwan Setiawan dan Irfan Hakim. Foto: Istimewa

jpnn.com, TANGERANG - Korem 052/Wkr bersama komunitas pecinta satwa langka menggelar pentas lomba burung yakni Free Flight Parrots 2017 trophy Danrem 052/Wkr di Mall Living World Alam Sutra, Serpong Tangerang Selatan.

Danrem 052 Wkr Kolonel Inf Iwan Setiawan membuka kegiatan lomba burung tersebut.

BACA JUGA: Nasionalisme Milenial, AMPI-TNI AD Gelar Lomba Mobile Legend

Adapun jenis burung yang dilombakan Maccaw, kakaktua, Nuri, Betet, Serindit, Kringkring, dan Love Bird.

Hadiah yang diperebutkan yaitu Motor, TV LED, NoteBook, Sepeda, Iphone 6S, Drone, piala dan piagam sesuai kriteria yang dilombakan, total hadiah mencapai 70 juta.

BACA JUGA: Delegasi RI: Perlu Kolaborasi Militer, Sipil dan Swasta

Penilaian lomba kicau burung yang digelar oleh Korem 052/Wkr ini ditentukan oleh team juri dari Indonesian parrots lovers dengan kriteria kategori burung yang paling lama terbang dan kembali serta juga juara burung yang memiliki bulu terindah.

Hadir dalam gelar pentas burung Owner Kawan Lama Grup Kuncoro, Owner Ace Hardware Indonesia Ijek Widyakrisnadi, Direktur Living World Alam Sutera Jannywati, Ketua Indonesian parrots lovers Pramono Harjanto, Komandan Kodim 0506/Tgr Letkol Inf M. Imam Gogor, Komandan Kodim 0503/Jakbar Letkol Kav Andre Henry Masengi, Komadan Kodim 0502/Jakarta Utara Letkol Arm Arif Rahman, dan perwakilan dari (MURI) Museum Umum Rekor Indonesia.

BACA JUGA: AWAS! Kelompok Lain Bisa Hancurkan Negara Tanpa Senjata

Dalam sambutannya Danrem 052/Wkr Kolonel Inf Iwan mengucapkan terima kasih kepada manajemen Mal Living World yang telah ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan pentas burung dan Lomba Free Flight Parrots 2017 Trophy Danrem 052/Wkr dan kepada para peserta lomba yang sudah ikut dalam kompetisi tersebut.

“Ini merupakan kegiatan lomba burung yang terbesar di Indonesia yang terlaksana di Mall Living World dan Insyaallah tercatat pada rekor MURI. Sekali lagi saya ucapkan apresiasi kepada seluruh panitia penyelenggara, semoga kegiatan ini akan ciptakan silaturahmi dan jaga sportifitas dalam kompetisi ini,” tutur Iwan.

Lomba Free Flight Trophy Danrem 052/Wkr kali ini bertema “Melalui Lomba Free Flight Parrots, Korem 052/Wkr Turut Dalam Upaya Melestarian Satwa Langka Sebagai Edukasi”.

“Kegiatan tidak saja pentas dan lomba tapi ada juga acara talk show edukasi burung Parrots, diskusi terbuka tentang burung langka, atraksi keunikan burung Parrots,” imbuh Danrem.

Pentas dan lomba burung kali ini dibagi menjadi 4 kelas, yakni Large Class, Middle Class, Small Class dan keindahan bulu burung.

Danrem mengatakan, jumlah spesies burung Parrot di dunia ada sekitar 402 jenis, tapi di Indonesia berjumlah 85 spesis.

“Burung Parrot merupakan binatang yang cerdas, kecerdasan Parrot bisa setara dengan kecerdasan anak umur 5 tahun, contohnya Alex, African Grey yang terkenal lewat penelitian DR Irene Papenberg,” jelasnya.

Iwan menyatakan TNI selalu mendukung kebijakan pemerintah dalam hal pelestarian hewan khususnya burung Parrot.

“Misalnya dengan tidak melakukan transaksi atas binatang langka, binatang hidup. Andai pun melakukan transaksi, sebaiknya ditujukan untuk menyelamatkan binatang tersebut agar tidak dikuasai oleh orang yang kurang bertanggung jawab, dan selanjutnya menyerahkan binatang tersebut pada pihak yang berkompeten. Dalam hal ini lembaga konservasi binatang langka dan lingkungan hidup,” tutupnya.

Jannywati, pimpinan Manajemen Mal Living World mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan tersebut.

Apalago Living World dijadikan sebagai tempat publik yang strategis dalam menjalankan segala kegiatan yang menyangkut masyarakat umum.

“Kami sangat bangga dengan acara ini karena ajang terbesar kali ini dan didukung oleh Danrem 052/Wkr, kita bisa lebih dekat kepada masyarakat dalam mengedukasi pelestarian flora dan fauna di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu Kohar selaku ketua pelaksana acara Lomba Free Flight Parrots 2017 mengucapkan terima kasih kepada pihak Mal Living World dan Jajaran Korem 052/Wkr atas terselenggaranya kegiatan itu.

“Tujuan acara ini adalah selain kompetisi yang baik yakni juga sebagai ajang silahturahmi, disini telah berkumpul pecinta burung dari berbagai daerah ada dari Jakarta, Bekasi, Tangerang, Samarinda, Bandung, dan Jogja," pungkas Kohar. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... TNI AD Juara Umum Lomba Tembak Internasional AARM 2017


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
TNI   TNI AD   Satwa Langka  

Terpopuler