Dapat Beasiswa, Anak Pedagang Kecil Ini Pengin Mengikuti Jejak Sandiaga Uno

Rabu, 04 Agustus 2021 – 17:11 WIB
Sandiaga Uno saat mengikuti penyerahan beasiswa kepada siswa-siswi SMP dan SMA. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengungkapkan beberapa anak yang mendapatkan beasiswa darinya bercita-cita jadi pengusaha sukses.

Hal tersebut terucap saat ditanya apa cita-cita dari siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama/sederajat dan Sekolah Menengah Atas/Sederajat ketika pemberian beasiswa dari Kahmipreneur dan Sandiaga Uno.

BACA JUGA: Agnes Monika Ditangkap Polisi Gegara iPhone XR

Khalid, siswa MTSN 2 Bukit Tinggi, Sumatera Barat mengaku kalau dirinya bercita-cita ingin menjadi pengusaha sukses seperti Sandiaga Uno.

Siswa kelas 8 tersebut adalah putra dari seorang pedagang kecil yang mendapatkan beasiswa gelombang pertama.

BACA JUGA: Sandiaga Dorong Mahasiswa jadi Agen Kebangkitan Ekonomi Kreatif Pascapandemi

Menurut dia, sejauh ini memang cita-cita tersebut diharapkan mampu mengubah hidup keluarganya.

“Saya mau jadi pengusaha sukses dan beasiswa ini adalah awal dari mewujudkan cita-cita saya,” ujar anak bontot dari tiga bersudara itu.

BACA JUGA: Gegara Konsep Languagepreneur, STBA LIA Dipuji Menteri Sandiaga

Cita-cita tinggi juga datang dari tutur seorang siswi kelas 8 asal Natuna, Riau, Suci Ramadhani yang mengaku pengin menjadi seorang dokter yang bisa membantu masyarakat dalam masalah kesehatan.

Meski sang ayah hanya sebagai buruh angkut, dia yakin cita-citanya bisa terwujud.

“Seperti pak Sandiaga, dia mengaku juga pernah terpuruk, tetapi akhirnya dia bisa sukses sampai menjadi menteri seperti sekarang,” tutur dia.

Kesempatan tersebut didapatkan setelah dia mendapatkan beasiswa dari Sandiaga Uno dan Kahmipreneur, apa yang didapatnya kali ini adalah pecutan untuk mencapai cita-citanya.
Berbeda dengan siswa SMK Matlaul Anwar Cibuah, Banten, Muhammad Iskandar Fauzi, dia justru lebih tertarik menjadi seorang pendidik.

“Saya mau jadi guru Tehnik Komputer, sekarang saya juga ambil jurusan teknik komputer dan ilmunya akan saya turunkan ke murid-murid saya nanti,” ujar siswa kelas 12 tersebut.

Nawar mengungkapkan salah satu ketertarikannya dengan dunia komputer karena dunia makin hari makin membutuhkan tenaga ahli IT harus mengikuti perkembangan zaman.

Acara pemberian beasiswa dari Menparekraf Sandiaga Uno kembali dilakukan dalam gelombang pertama setelah sebelumnya memberikan beasiswa kepada anak pedagang kecil tingkat mahasiswa.

Kali ini, beasiswa diberikan kepada kalangan Pelajar Sekolah Menengah Atas/sederajat dan Sekolah Menengah Pertama/sederajat.

"Beasiswa untuk SMA dan SMP ini dibagi menjadi dua golongan yaitu untuk SMA akan menerima Rp400.000, sedangkan untuk SMP Rp300.000. Ini baru gelombang pertama, nantinya akan kami lakukan tiap saat. Untuk angkatan pertama ada 100 orang yang lulus seleksi tim," kata Sandi dalam keterangannya, Rabu (4/8).

Dia melanjutkan, apa yang dilakukan oleh Kahmiprenuer sangat baik karena dengan slogan tiga G, Gerak cepat, Gerak bersama dan Gaspol tentunya sangat membantu dalam mencari para penerima beasiswa.

“Saya apresisai ini, apalagi yang dicari adalah anak pedagang kecil di mana pedagang kecil ini adalah tulang punggung perekonomian bangsa,” tegas dia.

Menurut Sandi, program beasiswa anak pedagang kecil ini memang tepat waktu dan sesuai apa yang dilakukan pada masa pandemik ini.

Oleh karena itu, dia juga berharap beasiswa ini bisa bermanfaat dan juga membangkitkan ekonomi umat dan memperkokoh persatan kebangsaan.

“Ini memang tepat sasaran dan sangat tepat pada masa pandemik ini,” imbuh dia.

Sandi berharap, beasiswa tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin bagi mereka yang menerimanya. Selain itu, ada juga pelajar yatim piatu yang terdampak covid 19 akan mendapatkan beasiswa langsung. (rdo/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Apple Hapus Aplikasi Kencan Ini dari App Store


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler